Pengaruh Kecerdasan Emosional Pemimpin terhadap Motivasi Kerja (Suatu studi pada Karyawan PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Malang)

InnaHanifaTauhid (2009) Pengaruh Kecerdasan Emosional Pemimpin terhadap Motivasi Kerja (Suatu studi pada Karyawan PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seorang pemimpin tidaklah cukup mengandalkan kecerdasan intelektual yang dimilikinya jika ingin menjadi seorang pemimpin yang berhasil. Kecerdasan intelektual atau biasa yang kita kenal dengan Intelektual Quotient (IQ) umumnya berhubungan dengan kemampuan berpikir kritis dan analitis yang diasosiasikan dengan kemampuan otak kiri. Keberhasilan pemimpin juga didasari oleh kemampuan merasakan, memahami, dan secara efektif menerapkan daya dan kepekaan emosi atau yang dikenal dengan kecerdasan emosional pemimpin. Kecerdasan emosional atau Emotional Quotient (EQ) dapat diasosiasikan sebagai kemampuan otak kanan seseorang. Kecerdasan Emosional yang dimiliki seorang pemimpin akan mendorong pada kepemimpinan transformasional yang akan memotivasi karyawan untuk bekerja maksimal dalam rangka mencapai tujuan perusahaan. Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh kecerdasan emosional pemimpin terhadap motivasi kerja di PT. Pos Indonesia (Persero) Malang. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori mengenai kecerdasan emosional, gaya kepemimpinan transformasional, dan teori motivasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatori, populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT.Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Malang 65100. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 63 orang, dengan menggunakan teknik sistematic random sampling . Penelitian ini menggunakan analisis jalur dan analisis deskriptif, pada tingkat signifikansi 0,05 yang diolah menggunakan komputer program SPSS for windows . Berdasarkan analisis yang telah dilakukan menggunakan analisis jalur dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kecerdasan emosional pemimpin terhadap motivasi kerja melalui gaya kepemimpinan transformasional, sehingga keputusan terhadap hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh signifikan antara kecerdasan emosional terhadap motivasi kerja melalui gaya kepemimpinan transformasional dapat diterima. Dengan demikian diharapkan bagi pemimpin PT. Pos Indonesia (Persero) Malang untuk dapat menerapkan gaya kepemimpinan transformasional yang menginspirasi dan memotivasi, karena hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel tersebut memiliki pengaruh yang paling kuat terhadap motivasi kerja karyawan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/325/050902587
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Oct 2009 14:31
Last Modified: 23 Oct 2021 23:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114185
[thumbnail of COVER_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
COVER_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI_INNA.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_INNA.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of susunan_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
susunan_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DFTAR_TABEL,GMBR,LMPIRAN.pdf]
Preview
Text
DFTAR_TABEL,GMBR,LMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item