Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Hypermart Supermall Pakuwon Indah Surabaya)

ArgiAgusta (2009) Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Hypermart Supermall Pakuwon Indah Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Setiap perusahaan dituntut untuk siap menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat dengan perusahaan-perusahaan lain dari seluruh dunia untuk menghadapi globalisasi yang sering dikatakan era dunia tanpa batas. Dalam persaingan bisnis yang bebas ini, syarat agar suatu perusahaan dapat sukses dalam persaingan tersebut adalah berusaha mencapai tujuan untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa variabel pengaruh instore atmosphere dan outstore atmosphere terhadap keputusan pembelian di Hypermart Supermall Pakuwon Indah Surabaya. Penelitian ini menggunakan 2 variabel independen yaitu pengaruh instore atmosphere dan outstore atmosphere serta variabel dependen keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang mengambil keputusan dalam membeli pada Hypermart Supermall Pakuwon Indah Surabaya yang berjumlah tak terbatas dengan sampel yang diambil sebanyak 63 orang responden. Metode analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah Metode Analisis Kuantitatif dengan menggunakan alat pengumpulan data kuesioner yang dibagikan kepada responden. Berdasarkan hasil perhitungan menunjukkan bahwa F hitung (42,309) > F tabel (3,150) dengan nilai signifikansi sebesar 0.000. Hal ini menunjukkan bahwa instore (X1) maupun outstore atmosphere (X2) Hypermart Supermall Pakuwon Indah Surabaya secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Berdasarkan hasil pengujian statistik, dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung untuk instore atmosphere (X1) yaitu sebesar 3,161 dan nilai t hitung untuk outstore atmosphere (X2) yaitu sebesar 3,072 lebih tinggi dibandingkan dengan nilai t tabel yaitu sebesar 1,670. Hal ini menunjukkan bahwa baik instore (X1) maupun outstore atmosphere (X2) Hypermart Supermall Pakuwon Indah Surabaya secara parsial mempunyai pengaruh berarti terhadap keputusan pembelian konsumen (Y). Berdasarkan perhitungan dapat diperoleh koefisien determinasi (R 2 ) sebesar 0,571% berarti besarnya pengaruh semua variabel independen yaitu variabel instore atmosphere (X1) dan outstore atmosphere (X2) terhadap perubahan variabel dependen atau keputusan pembelian (Y) sebesar 58,5%. sedangkan sisanya sebesar 41,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, misal harga, pelayanan dan promosi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/323/050902585
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 Oct 2009 09:18
Last Modified: 23 Oct 2021 23:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114183
[thumbnail of Bab_1.pdf]
Preview
Text
Bab_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab_3.pdf]
Preview
Text
Bab_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab_4.pdf]
Preview
Text
Bab_4.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab_2.pdf]
Preview
Text
Bab_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_5.pdf]
Preview
Text
BAB_5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_1_kuisioner.pdf]
Preview
Text
Lampiran_1_kuisioner.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of lampiran_2_tabulasi_data.pdf]
Preview
Text
lampiran_2_tabulasi_data.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_4_belakang-_5_uji_reliabilitas.pdf]
Preview
Text
Lampiran_4_belakang-_5_uji_reliabilitas.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_3_distribusi_frekuensi.pdf]
Preview
Text
Lampiran_3_distribusi_frekuensi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_4_validitas_instrumen_dpn.pdf]
Preview
Text
Lampiran_4_validitas_instrumen_dpn.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_6_Regresi.pdf]
Preview
Text
Lampiran_6_Regresi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_7,8,9_Asumsi_klasik.pdf]
Preview
Text
Lampiran_7,8,9_Asumsi_klasik.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_Depan.pdf]
Preview
Text
Lampiran_Depan.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item