Pengaruh Bauran Penjualan Eceran (Retailing Mix) Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pada Pengunjung Carrefour Exspress - Malang)

VictoriaEiditis (2009) Pengaruh Bauran Penjualan Eceran (Retailing Mix) Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pada Pengunjung Carrefour Exspress - Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Lokasi toko, pelayanan, produk, harga, dan promosi merupakan faktorfaktor yang dapat mempengaruhi dan mendorong seorang konsumen untuk membeli barang yang ditawarkan. Kebutuhan pengetahuan terhadap faktor-faktor bauran penjualan eceran (retailing mix) semakin diakui oleh para peritel karena dengan strategi bauran penjualan eceran (retailing mix) yang jitu suatu perusahaan dapat mencapai tujuannya. Carrefour Express Malang sebagai pelaku bisnis ritel baru di kota Malang berusaha untuk memenangkan persaingan dengan menerapkan berbagai strategi bisnis termasuk salah satu diantaranya adalah strategi bauran penjualan eceran (retailing mix ). Sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan eceran, pengetahuan akan bauran penjualan eceran (retailing mix) yang baik dalam upaya pelaksanaan kegiatan pemasaran secara intensif menjadi faktor penting yang harus diketahui dalam usaha mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan dan menarik konsumen sebanyak-banyaknya. Penelitian tentang bauran penjualan eceran (retailing mix) ini diharapkan bisa membantu peritel mengetahui hubungan dan pengaruh bauran penjualan eceran (retailing mix) terhadap keputusan pembelian konsumen. Berdasarkan hal tersebut maka tema penelitian yang diambil dalam penelitian ini adalah“ Pengaruh Bauran Penjualan Eceran ( Retailing Mix ) Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pada Pengunjung Carrefour Express - Malang) ”. Selanjutnya dalam menganalisis data yang diperoleh dari hasil jawaban kuesioner, metode yang digunakan adalah rumus analisis korelasi linier berganda dan regresi linier berganda. Untuk mempermudah proses analisis ini penulis menggunakan bantuan komputer dengan menggunakan program aplikasi pengolah data SPSS 13.0 For Windows. Dari hasil uji F dapat diketahui bahwa arah dan keeratan hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat dilihat berdasarkan pada koefisien korelasinya (R), yaitu porsitif sebesar 0,951 dengan F hitung 71,098 dan angka probabilitas 0,0000 (p<0,05). Artinya hubungan variabel bebas dengan variabel terikat adalah searah dan kuat, sebesar 0.951, Pada perhitungan regresi diketahui nilai adjust R square sebesar 0.892 menunjukkan bahwa variabel secara bersama-sama mempengaruhi variabel terikat Y (keputusan pembelian) sebesar 89,2% dan nilai sisanya sebesar 10,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. yang berarti bahwa pada taraf nyata α = 0,05 lokasi toko (X1), Pelayanan (X2), produk (X3), harga (X4), suasana toko (X5), dan promosi (X4) secara simultan/bersama-sama mempunyai hubungan dan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dapat diterima. Untuk pengujian hipotesis II didapatkan hasil bahwa ternyata variabel promosi (X6) mempunyai koefisien regresi (0,301) dan nilai t hitung paling besar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/321/050902583
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Oct 2009 12:29
Last Modified: 23 Oct 2021 23:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114181
[thumbnail of 050902583.pdf]
Preview
Text
050902583.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item