Pengaruh Bauran Promosi Produk X Mild Terhadap Penjualan (Studi Kasus Pada PT. Bentoel Prima Malang)

SyaifulArif (2009) Pengaruh Bauran Promosi Produk X Mild Terhadap Penjualan (Studi Kasus Pada PT. Bentoel Prima Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bauran promosi mempunyai peranan penting terhadap hasil penjualan sebuah perusahaan. Bauran promosi yang biasa dilakukan perusahaan dalam meningkatkan hasil penjualannya antara lain advertising, personal selling, sales promotion dan public relation . Kegiatan dari bauran promosi ini akan berjalan dengan baik jika didukung dengan pembiayaan yang tepat. Bahkan bauran promosi merupakan ujung tombak akan keberhasilan penjualan suatu perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari variabel biaya bauran promosi terhadap penjualan produk X Mild dan di antara variabel biaya bauran promosi tersebut yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap penjualan produk X Mild. Penelitian ini menggunakan metode explanatory . Penelitian dilakukan di perusahaan rokok PT. Bentoel Prima Malang. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder dari perusahaan berupa laporan keuangan dalam tiga tahun terakhir yaitu tahun 2006-2008. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil perbandingan F hitung dengan F tabel menunjukan hasil F hitung > F Tabel, pada selang kepercayaan 95% yaitu 96,387>4,12. Sehingga dapat diputuskan untuk menolak H0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel dari bauran promosi yang terdiri dari advertising , biaya personal selling , biaya sales promotion , dan biaya public relation secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap penjualan rokok X Mild . Advertising memberikan kontribusi pengaruh yang signifikan, dari hasil proses regresi diperoleh t hitung untuk angka koefisien regresi Advertising sama dengan 9,859. Sehingga hasil perbandingan antara t hitung dengan t tabel adalah t hitung (9,859) > t tabel (2.365) maka H0 ditolak, artinya Advertising berpengaruh signifikan secara parsial terhadap penjualan rokok X Mild. Keberadaan pengaruh Advertising terhadap penjualan rokok X Mild ini berlaku baik pada selang kepercayaan 95%. Nilai koefisien determinasi (R– Square (R2)) = 0.644 dapat diartikan bahwa 64,4% variasi dari penjualan (Y) dijelaskan oleh variabel bebas (X1, X2, X3 dan X4) dan sisanya 35,6% dijelaskan oleh variabel lain di luar model analisis. Atau menunjukkan 64,4% kontribusi pengaruh atas variasi perubahan yang terjadi pada penjualan dijelaskan oleh variasi perubahan yang terjadi pada faktor pelaksanaan bauran promosi (X1, X2, X3 dan X4). Sisanya 35,6% dijelaskan oleh variasi perubahan yang terjadi di luar variabel yang tidak dimasukkan dalam model.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/292/050902419
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Oct 2009 11:23
Last Modified: 19 Oct 2021 06:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114148
[thumbnail of 050902419.pdf]
Preview
Text
050902419.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item