Evaluasi Pengendalian Intern Atas Pelaksanaan Pemungutan Pajak Reklame Sebagai Upaya Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Studi Pada Kantor Pelayanan Terpadu dan Kantor Kas Daerah Kota Blitar)

SasantiPutriMahanani (2009) Evaluasi Pengendalian Intern Atas Pelaksanaan Pemungutan Pajak Reklame Sebagai Upaya Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Studi Pada Kantor Pelayanan Terpadu dan Kantor Kas Daerah Kota Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berdasarkan Undang-Undang nomor 32 tahun 2004 dan Undang-Undang nomor 33 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah dan Perhitungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah dimulainya otonomi daerah. Kantor Pelayanan Terpadu kota Blitar mempunyai tugas menyelenggarakan secara operasional sebagian kewenangan pemerintah daerah dibidang perijinan dalam hal ini adalah pajak reklame dan Kantor Kas Daerah kota Blitar yang bertugas untuk menerima setoran pajak khususnya pajak reklame. Berdasarkan tugas tersebut diperlukan adanya pengendalian intern untuk mengantisipasi adanya pelanggaran yang dapat merugikan penerimaan kas daerah. Pada kota Blitar masih terdapat reklame yang belum dikenakan pajak atau reklame ilegal dan reklame yang sudah kadaluarsa tetapi masih terpasang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi penerimaan pajak reklame pada pendapatan daerah, dan untuk mengetahui pengendalian intern terhadap mekanisme sistem dan prosedur pemungutan pajak reklame. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian bertempat pada Kantor Pelayanan Terpadu kota Blitar dan Kantor Kas Daerah kota Blitar. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti sendiri, pedoman dokumentasi, dan pedoman observasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis data non statistik dengan metode analisis kualitatif untuk menghasilkan data deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah pengendalian intern atas pemungutan pajak reklame pada kota Blitar yang masih terdapat kelemahan, diantaranya adalah evaluasi kontribusi penerimaan pajak reklame pada pendapatan asli daerah selama 3 tahun masih kecil yaitu rata-rata < 1% dan masih terdapatnya pelanggaranpelanggaran yang dilakukan oleh masyarakat yang mengakibatkan kerugian bagi pendapatan asli daerah dan evaluasi pengendalian intern atas pendaftaran, pendataan, penetapan, dan pelaporan yang unsur-unsurnya belum terpenuhi dengan baik. Untuk mengatasi permasalahan diatas maka pemerintah kota Blitar khususnya Kantor Pelayanan Terpadu kota Blitar lebih meningkatakan pengendalian intern atas sistem dan prosedur pendaftaran, pendataan, penetapan, dan pelaporan pajak reklame, serta diberlakukannya sanksi tegas bagi masyarakat yang memasang reklame ilegal dan kadaluarsa sehingga diharapkan pada tahun yang akan datang dapat berkurang jumlah pelanggaran dan pajak reklame dapat memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap pendapatan asli daerah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/289/050902416
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Oct 2009 10:01
Last Modified: 19 Oct 2021 06:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114145
[thumbnail of 050902416.pdf]
Preview
Text
050902416.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item