Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham, (Studi pada Perusahaan Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2004-2008)

LenyAriNovita (2009) Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham, (Studi pada Perusahaan Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2004-2008). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Harga saham merupakan cerminan dari kinerja perusahaan yang bersangkutan. Pembentukan harga saham terjadi karena adanya penawaran dan permintaan terhadap suatu saham, dimana variabel-variabel yang mempengaruhinya bersama-sama membentuk kekuatan yang berpengaruh terhadap transaksi saham, sehingga harga saham sewaktu-waktu akan mengalami berbagai kemungkinan kenaikan harga atau penurunan harga. Oleh karena itu, para investor perlu melakukan penilaian saham suatu perusahaan sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menganalisis kinerja keuangan perusahaan yang menitikberatkan pada laporan keuangan perusahaan. Dalam hal ini, rasio keuangan digunakan sebagai alat untuk menganalisis kinerja keuangan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel bebas yang terdiri dari Debt Equity Ratio (X 1 ), Return on Investment (X 2 ), Return on Equity (X 3 ), Earning per Share (X 4 ) dan Price Earning Ratio (X 5 ) baik secara simultan dan parsial terhadap variabel terikat yaitu Harga Saham (Y), serta untuk mengetahui variabel bebas mana yang berpengaruh dominan terhadap Harga Saham (Y). Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatory research (penelitian penjelasan) dengan menggunakan metode penelitian pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2004-2008, teknik pengambilan sampelnya menggunakan metode purposive sampling , dari kriteria-kriteria yang ditetapkan terpilih 15 perusahaan sebagai sampel, sedangkan data yang digunakan adalah data sekunder yang bersumber dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD), IDX Statistik dan dari situs resmi BEI yakni www.idx.co.id. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik Regresi Linier Berganda dengan memperhatikan asumsi klasik agar diperoleh hasil yang BLUE ( Best Linier Unbiased Estimation ). Dalam menganalisis digunakan program SPSS 13.00 for windows . Pengujian ini dilakukan dengan tingkat signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel bebas yang terdiri dari Debt Equity Ratio (X 1 ), Return on Investment (X 2 ), Return on Equity

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/288/050902415
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Oct 2009 10:09
Last Modified: 19 Oct 2021 06:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114144
[thumbnail of 050902415.pdf]
Preview
Text
050902415.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item