Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Penelitian Pembelian Produk Minuman Isotonic “Pocari Sweat” Pada Kepala Keluarga di Rukun Warga 13 Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota

SofiNurLaila (2009) Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Penelitian Pembelian Produk Minuman Isotonic “Pocari Sweat” Pada Kepala Keluarga di Rukun Warga 13 Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Atribut yang melekat pada produk merupakan salah satu faktor penting didalam penentuan pengambilan keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen, dimana atribut produk tersebut meliputi merek, label, kemasan, warna, disain, kualitas, pelayanan. Hal ini dikarenakan atribut produk akan membentuk image produk di mata konsumen yang pada akhirnya akan mempengaruhi keputusan pembeliannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh baik secara simultan antara atribut produk terhadap keputusan pembelian, serta mengetahui dan menjelaskan pengaruh baik secara parsial antara atribut produk terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori dengan atribut produk yang terdiri dari variabel merek (X1), label (X2), kemasan (X3), warna (X4), disain (X5), kualitas (X6), pelayanan (X7) sebagai variabel bebas dan keputusan pembelian (Y) sebagai variabel terikat. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 59 orang responden dari Kelurahan Purwantoro yang mengkonsumsi “Pocari Sweat”, dengan menggunakan teknik stratified random sampling sebagai teknik pengambilan keputusan. Dan untuk mengetahui pengaruh atribut produk terhadap pengambilan keputusan pembelian, instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan pedoman wawancara. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi berganda, analisis regresi linier berganda, analisis regresi parsial. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa variabel atribut produk (X) mempunyai pengaruh secara simultan terhadap variabel keputusan pembelian (Y). hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi sebesar 0,946, F hitung 61,673 dengan probabilitas F hitung sebesar 0,0000 (p<0,05). Dengan analisis regresi parsial variabel kualitas (X6) merupakan variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap variabel keputusan pembelian (Y) dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,133, t hitung 3,445, koefisien β 0,258 dan dengan kualitas yang terjaga maka konsumen akan loyal pada produk tersebut. Berdasarkan penelitian ini pula diketahui variabel keputusan pembelian dipengaruhi sebesar 89,4%% oleh variabel-variabel atribut produk secara bersama-sama, sedangkan sisanya 10,6% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar perusahaan untuk lebih memperhatikan atribut produk terutama faktor merek, label, kemasan, warna, disain, kualitas, pelayanan. Karena hal ini menjadi faktor yang dipertimbangkan konsumen didalam pengambilan keputusan pembeliannya. Dan hendaknya pemasar senantiasa menjaga dan meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan karena kualitas produk mempunyai pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian sehingga konsumen akan tetap merasa yakin untuk tetap mengkonsumsi produk “Pocari Sweat”.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/283/050902410
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Oct 2009 12:55
Last Modified: 19 Oct 2021 04:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114139
[thumbnail of 050902410.pdf]
Preview
Text
050902410.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item