Sanyoto, Laras Miranti (2018) Analisis Usability Pada Website Terhadap Tingkat Retensi Pelanggan Pada JD.ID Berbasis ISO 9241-11. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
JD.id merupakan salah satu toko ritel online yang memberikan kemudahan bagi para konsumen untuk berbelanja sesuai dengan kebutuhannya. JD.id masih menerima beberapa keluhan mengenai usability websitenya, seperti ketidaksesuaian informasi pada website, penggunaan bahasa yang kurang baik serta kesulitan dalam memahami informasi yang diberikan dalam website. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas layanan website JD.id terhadap retensi pelanggannya dengan berbasis ISO 9241-11, dengan mencari pengaruh variabel Effectiveness, Efficiency dan Satisfaction secara individu maupun bersama-sama. Penelitian ini mengumpulkan data dengan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Kuesioner penelitian terdiri dari 27 pernyataan dengan jumlah sampel 100 responden. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa variabel Effectiveness, Efficiency dan Satisfaction secara individu maupun bersama-sama berpengaruh terhadap Customer Retention, ketika ketiga variabel tersebut meningkat maka berpengaruh terhadap loyalitas pengguna dalam menggunakan website tersebut. Effectiveness memiliki pengaruh terhadap Customer Retention sebesar 22,6%. Efficiency memiliki pengaruh terhadap Customer Retetion sebesar 16,6%. Satisfaction memiliki pengaruh terhadap Customer Retention sebesar 44,5%. Effectiveness, Efficiency dan Satisfaction secara bersama-sama pengaruh sebesar 44,6% terhadap Customer Retention. Hasil penelitian ini memberikan rekomendasi pada tiap-tiap variabel ISO 9241-11. Rekomendasi untuk variabel Effectiveness, yaitu membuat efek zoom-in saat navigasi atau menu sedang dihover agar memudahkan pengguna saat memilih dan memperbaiki link informasi penting agar untuk mempermudah dan mempercepat pengguna. Rekomendasi untuk Efficiency ,yaitu mengurangi perpindahan tab yang muncul ketika memilih tautan (link) dan meminimalisir penggunaan animasi dalam website dan meningkatkan tampilan antarmuka website agar semakin mempermudah penggunaan website JD.id. Rekomendasi yang diberikan untuk variabel Satisfaction adalah website lebih baik menggunakan satu bahasa saja (Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris saja), website bisa dibuat kedalam dua versi dengan Bahasa Indonesia saja atau Bahasa Inggris, memperbaiki sistem pembaharuan informasi agar lebih akurat dan sesuai sehingga tidak membingungkan pengguna dan memberikan perbedaan warna pada navigasi, kategori atau tautan (link) yang pernah dikunjungi agar pengguna lebih mudah mengetahui aktivitas yang pernah dilakukan.
English Abstract
JD.id is one of online retail shop which give the conveniences for its customers to purchasing their needs. JD.id still receive many complains about the website’s usability such as information discrepancies on the website, inconsistence language usage, and difficulties in understanding information on the website. This research was conducted to determine the quality of JD.id website service towards customer retention based on ISO 9241-11, regarding the influences of Effectiveness, Efficiency, and Satisfaction variables individually or collectively. The data of this study gathered using questionnaires as research instrument. The questionnaire consist of 27 statements that took sample of 100 respondents. The results shows that Effectiveness, Efficiency, and Satisfaction variables individually or collectively have effects the customer retention, when the three variables are increasing it will influence the customer loyalty to use the site. Effectiveness influenced about 22,6% to Customer Retention. Efficiency influenced about 16,6% to Customer Retention. Satisfaction influenced about 44,5% to Customer Retention. Effectiveness, Efficiency, and Satisfaction variables collectively influenced about 44,6% to Customer Retention. The results of this study is giving recommendations based on every variable usability in ISO 9241-11. Recommendations for Effectiveness are make zoom-in effect when navigation or menu is being hovered to facilitate the user when selecting and fixing important information links in order to simplify and speed up the user. Recommendations for Efficiency are reduces the movement of tabs that appears when selecting links and minimize the use of animation in the website also improve the interface of the website to make it easier to use. The recommendation that given for Satisfaction are website preferably using only one language (Indonesian or English only), the website can be made into two versions with Indonesian or English, improve the information updating system to be more accurate and appropriate so as not to confuse the user and provide color differences in navigation, categories or links (links) that have been visited so that users more easily know the activities ever done.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTIK/2018/9/051800746 |
Uncontrolled Keywords: | Usability, ISO 9241-11, Effectiveness, Efficiency, Satisfaction, Customer Retention |
Subjects: | 000 Computer science, information and general works > 025 Operations of libraries, archives, information centers > 025.04 Information storage and retrieval systems > 025.042 World Wide Web > 025.042 2 Web sites |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 05 Jun 2018 06:34 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 06:32 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11412 |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (884kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB VI.pdf Download (665kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB III.pdf Download (858kB) | Preview |
Preview |
Text
Bagian Depan.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB V.pdf Download (694kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB IV.pdf Download (789kB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (546kB) | Preview |
Preview |
Text
Lampiran.pdf Download (952kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (556kB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |