Analisis dan Desain Sistem Informasi Persediaan Dalam Meningkatkan Pengendalian Intern (Studi Kasus Pada Toko Emas Bulan Purnama Cabang Utama Pasar Besar Malang)

YuliSetioCaturPamungkas and Dr. Siti Ragil Handayani, M.Si. and Dr.Kertahadi, M.Com. (2009) Analisis dan Desain Sistem Informasi Persediaan Dalam Meningkatkan Pengendalian Intern (Studi Kasus Pada Toko Emas Bulan Purnama Cabang Utama Pasar Besar Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Toko Emas Bulan Purnama Malang yang berkedudukan di Jalan Pasar Besar, dalam Pasar Besar Lantai Dasar nomor 27 - 32 Malang merupakan perusahaan yang bergerak pada usaha jual beli perhiasan dan permata (retail ) . Permasalahan yang di hadapi oleh perusahaan ada lah rendahnya pengendalian intern persediaan yang ada dalam perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan sistem informasi persediaan yang ada atau yang sedang berjalan serta memberikan usulan desain sistem informasi p ersediaan yang dapat meningkatkan pengendalian intern yang sesuai dengan perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Sedangkan yang menjadi fokus penelitian adalah permasalahan sistem yang ada, struktur organisasi, desain sist em dengan informasi yang diperlukan, sistem informasi persediaan, pengendalian intern yang diterapkan, serta dokumen - dokumen ataupun formulir - formulir yang berhubungan dengan persediaan. Setelah menyajikan data yang diperoleh dari Toko Emas Bulan Purnama M alang, maka selanjutnya akan dilakukan adalah menggambarkan secara rinci serangkaian prosedur kerja pada sistem informasi persediaan yang ada kemudian dilakukan identifikasi masalah dan analisis untuk mencari tahu kelemahan dan kekurangan sistem yang ada. Berdasarkan hasil identifikasi dan analisis tersebut dilakukan tahapan desain sistem dengan menggunakan desain model berupa desain logik yang terdiri dari diagram konteks dan data flow diagram kemudian dilanjutkan ke desain fisik. Desain basis data menggun akan desain Entinity Relationship D iagram (ERD) dan desain struktur file basis data. Desain input dan desain output yang dihasilkan meliputi interface supplier, interface persediaan, interface pembelian, interface penjualan, interface retur dan interface b arang keluar. Desain teknologi yang dihasilkan berupa hardware , software dan brainware . Proses implementasi dilakukan berdasarkan desain sistem dari perangkat pemodelan sistem yang telah dilakukan, hasil dari implementasi berupa database , interface dan lap oran. Selanjutnya dilakukan testing dari hasil implementasi tersebut. Berdasarkan hasil analisi dan desain sistem informasi persediaan yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa perusahaan sangat membutuhkan untuk diterapkannya sistem informasi persediaa n barang berbasis komputer untu

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/252/050902148
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Aug 2009 11:03
Last Modified: 27 Dec 2021 07:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114109
[thumbnail of 050902148.pdf]
Preview
Text
050902148.pdf

Download (10MB) | Preview
[thumbnail of 050902148.pdf] Other
050902148.pdf

Download (0B)

Actions (login required)

View Item View Item