Pendekatan Customer Based Brand Equity (CBBE) dalam Pembentukan Ekuitas Merek (Studi pada pengguna produk fashion merek Capriasi cabang Cirebon)

IndahAstuti (2009) Pendekatan Customer Based Brand Equity (CBBE) dalam Pembentukan Ekuitas Merek (Studi pada pengguna produk fashion merek Capriasi cabang Cirebon). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemasaran telah menyentuh kehidupan kita sehari-hari. Pemasaran dengan sistem dan aktivitasnya, mampu mengakrabkan kita dengan produk dan namanama merek dan perusahaan yang ditawarkan. Saat ini pemasaran tidak hanya mengarah pada fungsi produk saja, namun lebih fokus pada pertempuran merek. Produk atau jasa yang sukses selalu memiliki merek yang kuat atau dominan di pasar. Perusahaan yang memiliki merek yang kuat, maka akan memiliki ekuitas merek yang kuat pula. Makin kuat ekuitas merek, maka makin kuat pula daya tariknya untuk menggiring konsumen supaya mengkonsumsi produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan empat variabel dalam ekuitas merek. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan fokus penelitiannya pada empat variabel ekuitas merek yaitu kesadaran merek, asosiasi merek, perceived quality dan loyalitas merek. Dengan menggunakan wawancara dan kuesner sebagai instrumen pengumpulan data. Penelitian ini dilakukan terhadap 84 orang pengguna produk fashion merek Capriasi cabang Cirebon pada tanggal 06 Oktober sampai dengan 27 Desember 2008. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa pendekatan customer based brand equity yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, perceived quality dan loyalitas merek difokuskan pada kedalaman konsepsualisasinya dalam pembentukan ekuitas merek telah sesuai dengan kebijakan-kebijakan yang telah dilakukan oleh perusahaan. Maka dapat dikatakan merek Capriasi sebagai merek yang memiliki nilai lebih dibandingkan pesaingnya. Dari penyajian data dan analisis data yang telah dilakukan, kesimpulan yang dapat diambil adalah PT. Capriasi mampu melaksanakan empat variabel ekuitas merek demi menghadapi persaingan di industri fashion yang terjadi saat ini. Saran yang disampaikan peneliti antara lain lebih mengembangkan produknya, melakukan promosi yang lebih agresif dan tepat sasaran, meningkatkan pelayanan dan sumber daya manusia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/248/050902099
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Aug 2009 15:23
Last Modified: 19 Oct 2021 04:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114103
[thumbnail of 050902099.pdf]
Preview
Text
050902099.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item