Moderate Influence of Litigation Risk and Strategy Types on the Relationship of Conflict of Interest To Accounting Conservatism.

LutfiaAnggraini (2009) Moderate Influence of Litigation Risk and Strategy Types on the Relationship of Conflict of Interest To Accounting Conservatism. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konflik kepentingan terhadap konservatisma akuntansi perusahaan yang dimoderasi oleh risiko litigasi dan tipologi strategi. Konflik kepentingan diwakili oleh level dividen dari perusahaan. Sedangkan risiko litigasi dan tipologi strategi diukur dengan menggunakan analisis faktor atas indikator – indikatornya. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier dengan lima model penelitian baik dengan maupun tanpa model interaksi (variabel moderasi). Penelitian ini menggunakan data empiris dari Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan sampel sebanyak 36 perusahaan untuk periode 2001 – 2006. Berdasarkan hasil pengujian, ditemukan bahwa konflik kepentingan berpengaruh secara signifikan terhadap konservatisma akuntansi. Sedangkan risiko litigasi memiliki pengaruh namun tidak signifikan sehingga tidak dapat disimpulkan sebagai variabel moderasi. Demikian pula dengan tipologi strategy perusahaan yang berpengaruh namun tidak signifikan sehingga juga tidak dapat disimpulkan sebagai variabel moderasi terhadap hubungan antara konflik kepentingan dan konservastima akuntansi. Konflik kepentingan berpengaruh positif terhadap konservatisma akuntansi. Semakin tinggi konflik kepentingan yang dihadapi oleh suatu perusahaan maka perusahaan tersebut akan memiliki kecenderungan untuk menerapkan akuntansi yang lebih konservatif. Hal tersebut mengindikasikan bahwa konservatisma akuntansi mampu mengurangi konflik kepentingan yang dialami oleh perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konflik kepentingan dapat dikurangi atau ditekan dengan adanya konservatisma akuntansi. Kesimpulan yang kedua adalah bahwa risiko litigasi bukan merupakan variabel moderasi terhadap hubungan antara konflik kepentingan dan konservatsima akuntansi. Demikian pula dengan tipologi strategi perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/243/050902094
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Aug 2009 17:38
Last Modified: 19 Oct 2021 03:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114099
[thumbnail of 050902094.pdf]
Preview
Text
050902094.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item