Analisis Internal Control Atas Retribusi Parkir Sebagai Pendapatan Asli Daerah (Studi Kasus pada Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri)

DianPratiwi (2009) Analisis Internal Control Atas Retribusi Parkir Sebagai Pendapatan Asli Daerah (Studi Kasus pada Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sejalan dengan dilaksanakannya Otonomi Daerah yang pada dasarnya adalah pemberian kewenangan dalam pengelolaan Pendapatan Asli Daerah, setiap daerah harus mempersiapkan diri dengan menggali Pendapatan Asli Daerah yang mereka miliki tanpa mengandalkan bantuan dari Pemerintah Pusat. Retribusi parkir merupakan salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah yang dipandang potensial bagi pemasukan kas daerah Kabupaten Kediri. Dalam hal ini, retribusi parkir di Kabupaten Kediri dibagi menjadi dua konsep yaitu retribusi parkir berlangganan dan retribusi parkir regular/non berlangganan. Kedua konsep retribusi parkir tersebut dikelola oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri. Dinas Perhubungan perlu menerapkan suatu sistem akuntansi yang baik dalam pengelolaan Pendapatan Asli Daerah dari sektor retribusi parkir tersebut. Hal itu bertujuan untuk mengurangi tingkat penyelewengan dan akan mendorong peningkatan penerimaan daerah melalui pemungutan retribusi parkir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan internal control dilihat dari struktur organisasi dan sistem dan prosedur yang berkaitan dengan pemungutan dan penyetoran baik retribusi parkir regular maupun retribusi parkir berlangganan yang ada pada Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri. Selanjutnya, informasi tersebut dibandingkan dengan teori tentang internal control yang berguna untuk keperluan pembahasan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode penelitian studi kasus pada Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri. Fokus penelitian ini adalah struktur organisasi dan sistem dan prosedur yang berkaitan dengan pemungutan dan penyetoran baik retribusi parkir berlangganan maupun retribusi parkir reguler yang ada pada Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri.Lokasi penelitian dilakukan di Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data non-statistik dengan menganalisis internal control pada Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri yang mempunyai fokus pada struktur organisasi dan sistem dan prosedur yang berkaitan dengan pemungutan dan penyetoran baik retribusi parkir reguler maupun retribusi parkir berlangganan, disamping itu juga memberikan alternatifpemecahan masalah serta saran-saran yang mungkin diperoleh berdasarkan hasil analisis yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/242/050902093
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Aug 2009 18:53
Last Modified: 19 Oct 2021 03:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114098
[thumbnail of 050902093.pdf]
Preview
Text
050902093.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item