NurulQomariah (2009) Penerapan Good Corporate Governance Pada BUMN (Studi Pada Kantor Pos Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Krisis ekonomi pada tahun 1998 telah mengguncang dunia usaha di Indonesia khususnya pada beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Banyak pelanggaran yang terjadi terhadap pengelolaan BUMN di Indonesia. Untuk mengatasinya, maka BUMN harus menerapkan Good Corporate Governance secara konsekuen dan konsisten. PT. Pos Indonesia (Persero) sebagai salah satu BUMN harus menerapkan Good Corporate Governance sehingga dapat memberikan kontribusinya bagi negara. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance pada PT.Pos Indonesia (Persero) Kota Pasuruan, manfaatmanfaat yang diperoleh melalui penerapan Good Corporate Governance pada Kantor Pos Pasuruan dan kendala yang dihadapi dalam penerapan Good Corporate Governance pada Kantor Pos Pasuruan. Fokus dalam penelitian ini adalah penerapan prinsip-prinsip Good Corporate Governance , manfaat yang diperoleh melalui penerapan Good Corporate Governance dan kendala yang dihadapi dalam penerapan Good Corporate Governance pada Kantor Pos Pasuruan.Jenis penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah Kota Pasuruan. Sedangkan Situs Penelitian ini adalah PT.Pos Indonesia (Persero) Pasuruan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Good Corporate Governance pada PT. Pos Indonesia (Persero) Pasuruan sudah dilakukan, akan tetapi dalam pelaksanaannya masih kurang maksimal karena masih ada kendalakendala yang timbul dalam penerapannya. Kendala yang dihadapi dalam penerapan Good Corporate Governance pada Kantor Pos Pasuruan adalah kemampuan menangkap dan mempersepsikan Good Corporate Governance tiap individu berbeda. Tiap personil memiliki pengetahuan tentang prinsip-prinsip dan pelaksanaan Good Corporate Governance yang tidak sama, bahkan ada personilpersonil yang tidak familiar tentang Good Corporate Governance. Hal ini disebabkan sosialisasi yang tidak merata kepada seluruh personil mulai dari level puncak sampai dengan level terbawah dan tingkat pendidikan yang berbeda-beda dari tiap personil. Dalam menghadapi kendala yang terjadi dalam penerapan good corporate pada Kantor Pos Pasuruan penulis sarankan agar PT.Pos Indonesia (Persero) Pasuruan mengambil langkah konkrit dengan senantiasa menyelipkan dan mensosialisasikan makna Good Corporate Governance (GCG) dalam setiap kesempatan yang ada.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2009/237/050902015 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 29 Jul 2009 11:57 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 03:53 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114093 |
Preview |
Text
050902015.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |