Pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) melalui Pembangunan Pusat Promosi Kerajinan Kendedes (Studi pada Pusat Promosi Kerajinan Kendedes Singosari).

AstridaDwiGayatri (2009) Pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) melalui Pembangunan Pusat Promosi Kerajinan Kendedes (Studi pada Pusat Promosi Kerajinan Kendedes Singosari). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan melihat realita bahwa masyarakat Indonesia masih berada di bawah garis kemiskinan. Pembangunan nasional yang dilakukan bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Pendekatan pembangunan yang dilakukan saat ini adalah bukan menempatkan manusia sebagai objek pembangunan melainkan sebagai subjek pembangunan. Untuk mewujudkan pendekatan ini adalah menggerakkan sistem ekonomi kerakyatan, dimana ekonomi rakyat di Indonesia identik dengan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang merupakan usaha yang dijalankan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. UKM di Indonesia terbukti memiliki andil yang cukup besar dalam membangun perekonomian masyarakat Indonesia. Kabupaten Malang sebagai kabupaten yang cukup luas juga sadar bahwa daerahnya memiliki potensi UKM yang cukup besar yang perlu untuk diberdayakan agar kesejahteraan masyarakatnya dapat terwujud. Selama ini program pemberdayaan UKM yang dilaksanakan lebih banyak tertuju pada masalah permodalan, padahal masalah yang dihadapi oleh para UKM cukup banyak, diantaranya adalah masalah pemasaran. Bertolak dari masalah tersebut maka di dirikanlah Pusat Promosi Kerajinan Kendedes Singosari yang digunakan sebagai tempat pameran barang-barang hasil produksi para UKM di Kabupaten Malang. Selain itu juga didirikan pula UPTD yang bertugas melanjutkan program pemberdayaan UKM dalam bidang pemasaran yang tergabung di dalam pusat promosi tersebut. Bagaimana program pemberdayaan yang dilakukan bagi UKM dalam bidang pemasaran,kebijakan yang mendukung program pemberdayaan UKM, manfaat dari pemberdayaan UKM dalam bidang pemasaran serta kendala yang dihadapi dalam program pemberdayaan tersebut. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa program yang dilaksanakan dalam upaya pemberdayaan UKM dalam bidang pemasaran melalui UPTD Pusat Promosi Kerajinan Kendedes Singosari adalah melalui program promosi yang dilakukan melalui berbagai kegiatan serta pengikutsertaan para pelaku UKM dalam beberapa kegiatan diklat untuk meningkatkan kemampuan pelaku UKM tersebut dalam bidang pemasaran. Walaupun program pemberdayaan UKM dalam bidang pemasaran ini menghasilkan beberapa manfaat bagi para pelaku UKM yang tergabung dalam Pusat Promosi Kerajinan Kendedes Singosari namun program pemberdayaan ini kurang berjalan maksimal. Hal itu terbukti dengan semakin menurunnya tingkat transaksi yang terjadi pada Pusat Promosi Kerajinan Kendedes Singosari. Hal itu terjadi karena berbagai kendala yang dihadapi, maka dari itu diperlukan kerjasama dari berbagai pihak untuk mewujudkan pemberdayaan UKM agar berjalan maksimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/217/050001950
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Jul 2009 09:05
Last Modified: 19 Oct 2021 03:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114071
[thumbnail of 051105437.pdf]
Preview
Text
051105437.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item