Upaya Pemerintah Daerah Dalam Pemberdayaan Industri Kecil Sarung Tenun (Studi pada Industri Kecil Sarung Tenun Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik).

MAliMasudi (2009) Upaya Pemerintah Daerah Dalam Pemberdayaan Industri Kecil Sarung Tenun (Studi pada Industri Kecil Sarung Tenun Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam mewujudkan pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya, salah satu bidang yang sering menjadi skala prioritas adalah pembangunan ekonomi guna peningkatan kesejahtraan masyarakat. Pembangunan ekonomi ini meliputi sektor industri yang memberikan kontribusi besar terhadap penciptaan struktur ekonomi nasional, termasuk industri kecil. Keberadaan industri kecil merupakan suatu usaha yang diperioritaskan pengembangannya. Dalam perkembanganya industri kecil berperan sebagai sumber penghasilan. Industri kecil sarung tenun merupakan sumper potensial yang mampu memberikan keuntungan dalam distribusi pendapatan. Untuk itu Disperindagkop Kabupaten Gresik juga memiliki tangung jawab pemberdayaan industri kecil dalam melakukan pembinaan dan pengembangan industri kecil dengan tujuan untuk mewujudkan perkembangan industri kecil dengan baik, sehingga mampu menjadi salah satu potensi daerah untuk mengangkat perekonomian daerah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai upaya pemerintah daerah dalam pemberdayaan industri kecil sarung tenun Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik serta untuk mendeskripsikan permasalahan yang dihadapi industri kecil sarung tenun Kecamatan Cerme Kabupupaten Gresik. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian pada pengusaha industri kecil Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik. Sedangkan fokus penelitiannya adalah a) Upaya Pemerintah Kabupaten Gresik dalam Pemberdayakan Industri Sarung Tenun. b) Manfaat dari Pemberdayaan Dinas Perindustrian dan Koperasi Kabupaten Gresik bagi pengembangan industri sarung tenun Kecamatan Cerme. c) Faktor pendorong maupun penghambat dalam pemberdayaan industri sarung tenun Kecamatan Cerme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang dilakukan Disperindagkop Kabupaten Gresik terhadap industri sarung tenun Kecamatan Cerme, memberi pembinaan seperti permodalan dengan memberikan informasi bantuan modal atau kredit bagi pengusaha industri kecil sarung tenun. Disperindagkop Kabupaten Gresik telah melakukan pembinaan sumber daya manusia dengan memberikan semacam bimbingan dan penyuluhan serta diklat dengan tujuan lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Aspek pemasaran melalui diikutsertakannya dalam pameran yang diadakan di Gresik maupun luar kota Gresik. Adanya penyediaan bahan baku lebih bersifat kemitraan usaha dengan pengerajin pemilik toko bahan baku sarung tenun maupun pengerajin dengan pedagang pengepul/perantara. Keikut sertaan pengerajin sarung tenun dalam pemberdayaan yang dilakukan pemerintah tidak dapat diukur karena pemerintah tidak membuat program pemberdayaan yang menghususkan bagi industri sarung tenun, tetapi dari pengakuan pengerajin menyatakan bahwa mereka sangat mengharap kepedulian Disperindagkop lebih besar dalam membina dan memajukan industri sarung tenun, baik dalam permodalan, menejemen usaha, bahan baku, tekhnologi, maupun pemasaranya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/215/050901948
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Jul 2009 09:12
Last Modified: 19 Oct 2021 03:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114069
[thumbnail of 051105437.pdf]
Preview
Text
051105437.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item