Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang : Studi Pada Kantor Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang.

AnitaDwiAviany (2009) Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang : Studi Pada Kantor Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan banyaknya keluhan dari masyarakat mengenai pelayanan administrasi kependudukan yang dilaksanakan di Kecamatan. Pelayanan yang sering mendapatkan sorotan yaitu mengenai pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Tidak adanya kesederhanaan dalam prosedur, kejelasan dan kepastian persyaratan dan keterbukaan biaya, serta ketepatan waktu merupakan masalah yang sering timbul pada masyarakat. Hal ini tentunya tidak sesuai dengan konsep pelayanan publik dimana pemerintah hendaknya memberikan pelayanan yang prima pada masyarakat. Pelaksanaan pelayanan KTP dan KK dalam pelayanan administrasi kependudukan dan faktor-faktor yang berpengaruh dalam pelayanan KTP dan KK merupakan hal yang menjadi fokus daripada peneliti dalam melakukan penelitian administrasi kependudukan pada kantor Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pelayanan KTP dan KK sudah memenuhi beberapa prinsip pelayanan publik. Misalnya dalam hal kesederhanaan, kejelasan dan kepastian, keterbukaan dan ketepatan waktu. Adanya kesederhanaan dalam prosedur pelayanan, kejelasan dan kepastian dalam persyaratan pelayanan, dan biaya yang dikeluarkan pada saat pembuatan KTP maupun KK terbuka bahkan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Begitu pula dengan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan KTP maupun KK tepat waktu. Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pelayanan KTP dan KK di Kecamatan Mojoagung diantaranya faktor penunjang dan faktor penghambat. Yang menjadi faktor penunjang antara lain: sarana dan prasarana pelayanan, kemampuan dan keterampilan, dan penerapan teknologi. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat proses permohonan pembuatan KTP dan KK adalah data tidak konsisten dan belum optimalnya sosialisasi. Penjabaran kejadian di atas setidaknya memberikan gambaran kecil mengenai kondisi pelayanan publik di Indonesia. Pelaksanaan pembuatan KTP dan KK hendaknya disesuaikan dengan prinsip-prinsip pelayanan publik. Selain itu faktor penunjang dan faktor penghambat juga menentukan dalam pelaksanaan pembuatan KTP dan KK. Dengan begitu diharapkan masyarakat menyadari akan pentingnya memiliki KTP dan KK tetapi juga menekankan penyuluhan mengenai kesadaran masyarakat untuk memberikan data yang akurat dan benar dalam permohonan pembuatan KTP dan KK. Karena hambatan ini, bukan hanya menyulitkan kantor Kecamatan Mojoagung tetapi juga akan menyulitkan masyarakat itu sendiri. Selain itu, perlu diadakan diklat pegawai dan program jemput bola ke daerah pelosok.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/213/050901946
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Jul 2009 09:40
Last Modified: 19 Oct 2021 03:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114067
[thumbnail of 051105437.pdf]
Preview
Text
051105437.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item