VinkaPristianoo (2009) Pengaruh CSR (Corporate Social Responsibility) terhadap Citra Perusahaan (survey pada Warga Sekitar PT. Bentoel Prima, Karanglo-Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh baik secara bersama-sama maupun parsial antara CSR (Corporate Social Responsibility) terhadap keputusan Citra perusahaan pada warga di sekitar perusahaan PT. Bentoel Prima yaitu warga Jl.perusahaan RT 3 RW 3 Karanglo, Malang yang diukur dari Variabel-variabel CSR, yaitu Community Support , Environment , Product . Diharapkan dari informasi yang diperoleh dapat digunakan oleh perusahaan untuk menambah kegiatan-kegiatan CSR dan Kualitas Program CSR sehingga lebih dapat meningkatkan lagi Citra Perusahaan di masa yang akan datang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian penjelasan ( explanatory research ), dengan menggunakan data primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat sekitar perusahaan dan sebanyak 75 orang dewasa yang dijadikan sampel penelitian. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dan regresi parsial. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa variabel-variabel dalam konsep CSR (Corporate Social Responsibility) yang terdiri Community Support (X 1 ), Environment (X 2 ), Product (X 3 ) secara simultan mempunyai pengaruh dan hubungan yang signifikan terhadap Community Support (X 1 ) merupakan variabel yang mempunyai pengaruh lebih besar dan dominan terhadap variabel Citra Perusahaan (Y 1 ) dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,339. Berdasarkan penelitian ini pula diketahui bahwa variabel Citra Perusahaan (Y 1 ) dipengaruhi sebesar 36,8% oleh variabel-variabel ekuitas merek, sedangkan sisanya sebesar 63,2% dipengaruhi oleh variabel lain. Secara parsial parsial 2 variabel berpengaruh secara positif dan signifikan dan 1 variabel berpengaruh secara positif namun tidak signifikan. Variabel yang berpengaruh berpengaruh secara positif dan signifikan meliputi: variabel Community Support (X 1 ), Product (X 3 ). Sedangkan variabel berpengaruh secara positif namun tidak signifikan adalah variabel Environment (X 2 ). Kesimpulan penelitian ini adalah warga mempunyai persepsi yang baik terhadap kegiatan CSR perusahaan dan citra perusahaan, dalam hal ini PT. Bentoel Prima. Walaupun masih ada kegiatan CSR yang dipandang masih kurang mendapat perhatian warga, tetapi secara keseluruhan tanggapan warga terhadap kegiatan CSR perusahaan sudah baik sehingga citra perusahaan PT. Bentoel Prima juga mendapat persepsi yang sangat baik di mata masyarakat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2009/211/050901880 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 15 Jul 2009 09:20 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 03:16 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114065 |
Preview |
Text
051105437.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |