Reformasi Administrasi Pendidikan Dalam Rangka Pembangunan Manusia (Studi Tentang Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah Di SDN Tembelang Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang)

BetaTititKristieyanti (2009) Reformasi Administrasi Pendidikan Dalam Rangka Pembangunan Manusia (Studi Tentang Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah Di SDN Tembelang Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan atas dasar adanya sistem pembangunan di Indonesia yang memiliki beberapa sasaran yang hendak dicapai dalam berbagai bidang kehidupan salah satunya adalah pembangunan masyarakat dengan peningkatan persaingan global yang menuntut kualitas SDM yang tinggi. Dari tahun ke tahun pendidikan di Indonesia mempunyai banyak kelemahan salah satunya beragamnya kondisi lingkungan sekolah dan bervariasinya kebutuhan siswa didalam proses KBM serta kondisi geografis Indonesia yang sangat kompleks, sering kali tidak dapat diapresiasikan secara lengkap oleh para pengambil keputusan ditingkat pusat. Bersamaan dengan itu muncul berbagai konsep reformasi pendidikan melalui serangkaian rencana, program dan langkah-langkah pembenahan. Hal ini mendorong terjadinya perubahan dan peningkatan di dunia pendidikan adalah konsep penerapan manajemen berbasis sekolah. Untuk itu perlunya peran dan upaya dari semua warga sekolah yang terkait yaitu: kepala sekolah, guru, komite, siswa, orang tua siswa, masyarakat demi terwujudnya mutu pendidikan yang unggul. Dalam penelitian ini beberapa permasalahan yang dibahas oleh penulis antara lain: bagaimanakah pelaksanaan reformasi manajemen pendidikan dalam rangka pembangunan manusia melalui penerapan MBS di SDN Tembelang Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang, dan faktor apa sajakah yang mendukung dan menghambat pelaksanaan reformasi manajemen pendidikan dalam rangka pembangunan manusia melalui penerapan MBS di SDN Tembelang Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang. Pada penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi pada SDN Tembelang Kecamatan Tembelang Kabupaten Jombang. Penelitian ini dilaksanakan oleh peneliti mulai pada tanggal 27 oktober 2008 sampai dengan tanggal 27 desember 2008. Berdasarkan pembahasan yang ada dengan berpedoman pada buku konsep dan pelaksanaan MBS oleh Depdiknas, penelitian ini memperoleh hasil adanya SDM warga sekolah sebagai output dari berbagai kegiatan-kegiatan pelaksanaan MBS yang ada di SDN Tembelang dengan tujuan meningkatkan mutu pendidikan agar menghasilkan SDM yang unggul. Adapun program dan tahapan kegiatan penerapan MBS tersebut terdiri dari reformasi perencanaan, reformasi pengorganisasian, reformasi penggerakan, dan reformasi pengawasan. Selain itu ada juga langkah-langkah yang dilakukan oleh kepala sekolah yaitu langkah awal, pembenahan, pembaharuan, dan pembangunan disekolahan SDN Tembelang. Selain itu dalam proses penerapan MBS, team kerja masih mengalami beberapa hambatan terkait juga dengan program dan tahapan kegiatan tersebut. Akan tetapi disisi lain ada faktor pendukung baik dari segi SDM maupun sumber daya lainnya. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah SDM warga sekolah merupakan komponen penting dalam penerapan MBS. Sesuai dengan buku pedoman konsep dan pelaksanaan oleh Depdiknas penerapan MBS di SDN Tembelang secara umum sudah baik. Kepala sekolah sudah berhasil memimpin dan memberdayakan sumber daya sekolah terutama SDM sekolah yaitu kepala sekolah, guru, penjaga, dan lingkungannya yang menjadi faktor pendukung pelaksanaan MBS. Hal ini dikuatkan dengan output sasaran yang dicapai peningkatan rata-rata hasil evaluasi ujian semester I dan semester II tiap-tiap mata pelajaran sesuai harapan yang ingin dicapai. Prestasi ini merupakan indikasi dari proses pendidikan yang mampu mengelolah input dengan baik sehingga menghasilkan output yang baik pula. Adapun saran dan masukan yang dapat diberikan oleh peneliti yaitu sekolah harus terus meningkatkan prestasi baik akademik maupun non akademik dengan merencanakan program-program yang produktif dan inovatif. Untuk warga sekolah yang menjadi faktor penghambat yaitu murid, wali murid, sarana prasarana, dan pendanaan, maka kepala sekolah perlu meningkatkan sosialisasi baik dilingkungan sekolah maupun pihak orang tua murid, perlu meningkatkan kedisiplinan murid yang lebih baik lagi, dan pemenuhan sarana prasarana demi terwujudnya KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) agar tercapainya program pendidikan yang unggul. Dan agar semua komponen sekolah dapat digerakkan dan dapat menjadi pendukung setiap kegiatan sekolah, maka transparansi manajemen (keuangan maupun program sekolah) perlu untuk ditingkatkan sehingga dapat tumbuh rasa memiliki dari berbagai komponen yang bersangkutkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/185/050901747
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Jun 2009 09:43
Last Modified: 19 Oct 2021 02:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114035
[thumbnail of 050901747.pdf]
Preview
Text
050901747.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item