Pengembangan Strategi Kota Balikpapan Berbasis Administrasi Kependudukan (Studi Terhadap Penduduk Pendatang di Kecamatan Balikpapan Tengah, Kota Balikpapan).

TaniaCitraAsri (2009) Pengembangan Strategi Kota Balikpapan Berbasis Administrasi Kependudukan (Studi Terhadap Penduduk Pendatang di Kecamatan Balikpapan Tengah, Kota Balikpapan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena keresahan masyarakat serta Pemerintah Kota Balikpapan terhadap penduduk pendatang yang semakin meningkat setiap tahunnya diimbangi oleh keterbatasan wilayah. Seperti yang terjadi di Kecamatan Balikpapan Tengah dengan kepadatan penduduk tertinggi dengan wilayah yang paling kecil daripada keempat kecamatan lainnya di Kota Balikpapan. Kecamatan Balikpapan Tengah yang berada dipusat Kota Balikpapan tentunya akan terus menarik penduduk pendatang baik untuk bekerja maupun bertempat tinggal disana. Oleh karena itu diperlukan suatu strategi kota dalam mengatasi permasalahan penduduk yaitu melalui Administrasi Kependudukan. Bagaimana Administrasi Kependudukan mengatasi permasalahan penduduk yang diakibatkan penduduk pendatang tersebut. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Administrasi Kependudukan bukan sekedar pencatatan/pendaftaran penduduk dan pengelolaan pemberian identitas dalam rangka pengendalian penduduk yang berdaya guna dan berhasil guna tetapi juga pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lain. Oleh karena itu diperlukan pengembangan strategi kota berbasis Administrasi Kependudukan. Berdasarkan hasil analisis framing, pengembangan strategi Kota Balikpapan berbasis Administrasi Kependudukan dengan memperhatikan dan meningkatkan infrastruktur dan fasilitas kota maupun Administrasi Kependudukan sudah dilaksanakan dengan baik di Kecamatan Balikpapan Tengah. Tidak mudah untuk menjadi penduduk Balikpapan, penduduk pendatang harus memenuhi ketetapan prosedur maupun standarisasi penduduk Kota Balikpapan terlebih dahulu. Penduduk Balikpapan sebagai lokomotif pembangunan daerahnya dapat menjadi tuan di rumahnya sendiri. Dalam hal ini, diperlukan kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyarakat. Dan pada akhirnya visi dan misi pembangunan berjalan lancar sesuai harapan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/180/050901737
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Jun 2009 09:17
Last Modified: 19 Oct 2021 02:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114030
[thumbnail of 5_Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
5_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4_Bab_1_-_5.pdf]
Preview
Text
4_Bab_1_-_5.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 1_Cover.pdf]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6_Lampiran-lampiran.pdf]
Preview
Text
6_Lampiran-lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3_Ringkasan,_Kata_Pengantar,_Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
3_Ringkasan,_Kata_Pengantar,_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item