Pengaruh Pelatihan Terhadap Kemampuan Kerja Yang Berdampak Pada Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT. Pabrik Gula Rejo Agung Baru Madiun)

FaridaPuspitaHarti (2009) Pengaruh Pelatihan Terhadap Kemampuan Kerja Yang Berdampak Pada Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT. Pabrik Gula Rejo Agung Baru Madiun). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan dalam rangka mencapai tujuannya. Perusahaan dituntut untuk mampu mengelola SDM tersebut, sebagai tenaga pelaksana operasional perusahaan, untuk mengahsilkan daya guna yang optimal dalam setiap kegiatan perusahaan. Peningkatan kemampuan SDM sebagai perencana dan pelaksanan salah satunya dapat dilakukan dengan kegiatan yang diinginkan oleh perusahaan atau masyarakat dengan kemampuan yang ada pada diri SDM tersebut. Pelatihan dapat berfungsi untuk meningkatkan kompetensi dan menumbuhkan kemampuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pelatihan dan materi pelatihan terhadap kemampuan kerja karyawan PT. Pabrik Gula Rejo Agung Baru Madiun. Penelitian juga bertujuan untuk mengetahui adanya kemampuan kerja terhadap kinerja. Penelitian dilakukan terhadap 71 orang karyawan PT. Pabrik Gula Rejo Agung Baru Madiun. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling, dan jumlah sampel ditentukan dengan model rumusan Slovin. Hipotesis yang yang dikemukakan dalam penelitian dibuktikan dengan pendekatan analisis jalur ( path analysis ). Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan metode pelatihan terhadap kemampuan kerja. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan materi pelatihan terhadap kemampuan kerja. Pengujian terhadap kemampuan kerja, yang berfungsi sebagai intervening variable yang memperkuat pengaruh variabel metode pelatihan dan materi pelatihan terhadap kinerja karyawan, tidak menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan. Hasil tersebut menunjukkan bahwa secara langsung tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan kerja terhadap kinerja karyawan. Saran yang diajukan adalah pengikutsertaan program pelatihan karyawan sebaiknya dilakukan sesuai dengan standar perusahaan bidang diklat, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan karyawan yang pada akhirnya akan berdampak pada perbaikan performance dalam melakukan pekerjaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/155/050901572
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Jun 2009 08:48
Last Modified: 19 Oct 2021 01:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/114002
[thumbnail of 050901572.pdf]
Preview
Text
050901572.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item