AliMaskur (2009) Evaluasi Dampak Kebijakan Pembangunan Jalan Lingkar (Ring Road) Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat Kabupaten Nganjuk. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan peneliti yang menilai adanya peningkatan aktivitas ekonomi yang dialamin oleh masyarakat dalam beberapa tahun terakhir setelah adanya akses jalan berupa jalan lingkar ( ring road ). Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang “Evaluasi Dampak Kebijakan Pembangunan Jalan Lingkar ( Ring Road ) Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat Kabupaten Nganjuk”. Permasalahan yang ingin diketahui dalam penelitian ini adalah apakah dampak yang ditimbulkan oleh kebijakan pembangunan jalan lingkar ( ring road ) terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat Kabupaten Nganjuk serta faktor-faktor yang mendorong dan menghambat kebijakan pembangunan jalan lingkar ( ring road ). Dalam penelitian ini mengambil sampel di Desa Ngrengket, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Nganjuk. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode ini menggunakan sumber data primer dan sekunder; teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi; instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara, catatan lapangan, peneliti sendiri; metode analisa dan interpretasi data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kebijakan pembangunan jalan lingkar ( ring road ) di Kabupaten Nganjuk secara tidak langsung telah mendorong terjadinya perubahan sosial ekonomi masyarakat di sekitarnya salah satunya adalah pada masyarakat Desa Ngrengket. Perubahan sosial tersebut dapat dilihat dari semakin mudahnya akses masyarakat terhadap fasilitas pendidikan maupun kesehatan baik yang berada di dalam maupun di luar Desa Ngrengket. Selain itu, perubahan sosial tersebut juga dapat dilihat dari peningkatan dan kemudahan masyarakat Desa Ngrengket untuk melakukan interaksi dengan masyarakat luar. Sedangkan perubahan ekonomi masyarakat Desa Ngrengket dapat dilihat dari aktivitas ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Desa Ngrengket. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya pembangunan jalan lingkar ( ring road ) telah terjadi perubahan struktur mata pencaharian masyarakat, yaitu dari sektor pertanian ke sektor industri. Selain itu, pembangunan jalan lingkar ( ring road ) juga telah memberikan kemudahan masyarakat untuk melakukan aktivitas ekonomi baik di sektor pertanian, sektor industri, maupun sektor perdagangan. Kemudahan masyarakat dalam melakukan kegiatan ekonomi telah mendorong terjadinya peningkatan aktivitas ekonomi. Peningkatan aktivitas ekonomi masyarakat Desa Ngrengket mampu meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat. Hal itu dapat dilihat dari peningkatan kepemilikan benda fisik seperti kendaraan bermotor dan televisi serta dapat dilihat dari perubahan bentuk rumahnya. Kebijakan pembangunan jalan lingkar ( ring road ) diantaranya mencakup pemeliharaan dan pemanfaatan jalan. Namun, berdasarkan penelitian pelaksanaan kebijakan tersebut kurang optimal. Hal itu karena terdapat beberapa faktor pendorong dan penghambantnya. Adapun faktor pendorong kebijakan tersebut antara lain koordinasi yang baik antar dinas terkait, kerusakan jalan yang tidak parah, ketersediaan prasarana lalu lintas pendukung, serta lokasi terminal yang strategis. Sedangkan faktor penghambat kebijakan tersebut antara lain keadaan tanah, proses pengerjaan yang kurang baik, cuaca, waktu perbaikan yang lambat, kelengkapan dan pemeliharan jalan yang kurang baik, tidak adanya kebijakan pendukung, perubahan pemanfaatan jalan, serta jarak tempuh yang lebih jauh jika dibandingkan dengan jalan primer. Melihat hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, maka ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pemerintah daerah Kabupaten Nganjuk untuk mengoptimalkan pelaksanaan kebijakan pembangunan jalan lingkar ( rng road ), diantaranya adalah dengan mengeluarkan kebijakan lain yang mendukung pemanfaatan jalan lingkar ( ring road ), mengotimalkan pemeliharaan jalan, melengkapi prasarana lalu lintas pendukung, serta memberikan larangan yang tegas terhadap masyarakat yang menggunakan area jalan lingkar ( ring road ) untuk aktivitas pertanian.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2009/142/050901513 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 28 May 2009 11:12 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 09:27 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113988 |
Preview |
Text
BAB_I-V.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
i-xxvii.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |