Penyediaan Teknologi Informasi Wireless Fidelity Sebagai Bentuk Pelayanan Publik di Kota Malang : studi pada Kantor Pengolahan Data Elektronik Kota Malang dan Lokasi Hotspot di Perpustakaan Umum Kota

IwanMaghfurroziYahya (2009) Penyediaan Teknologi Informasi Wireless Fidelity Sebagai Bentuk Pelayanan Publik di Kota Malang : studi pada Kantor Pengolahan Data Elektronik Kota Malang dan Lokasi Hotspot di Perpustakaan Umum Kota. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Administrasi pembangunan memberi perhatian lebih luas daripada hanya membahas penyelenggaraan administrasi pemerintahan dalam pengertian umum. Salah satu yang mendapat perhatian khusus yaitu pelayanan publik. Di era globalisasi, dibutuhkan pelayanan publik yang dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk dapat mengakses internet. Untuk itulah KPDE Pemkot Malang menyediakan layanan akses internet gratis dengan membangun titik-titik hotspot di beberapa lokasi strategis di Kota Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah Pemkot Malang dalam pembangunan Teknologi Informasi Wireless Fidelity di Kota Malang, mendeskripsikan profil pengguna Wireless Fidelity di Kota Malang, mendeskripsikan respon masyarakat dalam memanfaatkan Wireless Fidelity di Kota Malang, mendeskripsikan alasan pengguna memanfaatkan layanan wireless Fidelity dan kendala yang di hadapi serta mendeskripsikan upaya-upaya Pemkot Malang dalam pengembangan Teknologi Informasi Wireless Fidelity di Kota Malang ke depan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi/pengamatan, wawancara, dokumentasi dan pengisian quesioner. Analisa data dalam penelitian ini dilakukan melelui beberapa tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ide awal penyediaan Teknologi Informasi Wireless Fidelity merupakan tindak lanjut dari Instruksi Menkominfo dan untuk memenuhi tuntutan dari masyarakat. Penyediaan Teknologi Informasi Wireless Fidelity bekerjasama dengan berbagai pihak seperti PT.TELKOM. Deskripsi pengguna layanan hotspot bisa dilihat dari beberapa aspek yaitu jenis kelamin, usia dan profesi. Masyarakat cukup berminat dalam memanfaatkan pelayanan tersebut, hal itu dapat dilihat dari frekuensi dan tujuan masyarakat dalam memanfaatkan pelayanan tersebut. Selain itu sebagian besar masyarakat mengaku puas atas pelayanan yang disediakan oleh Pemkot Malang. Beberapa alasan masyarakat memanfaatkan pelayanan hotspot yaitu karena gratis, strategis, dan mengikuti perkembangan zaman. Adapun kendala yang dihadapi yaitu lambatnya koneksi, kurangnya fasilitas pendukung, dll. Upaya-upaya yang dilakukan Pemkot Malang untuk meningkatkan kualitas pelayanan yaitu perawatan dan pengembangan lokasi hotspot yang telah ada. Untuk lebih memasyarakatkan internet, Pemkot Malang perlu menambah fasilitas seperti Telecenter atau menyediakan warnet dengan biaya murah dan menggalakkan sosialisasi tentang keberadaan pelayanan hotspot. Diperlukan upaya untuk meningkatkan kualitas koneksi internet dan penambahan fasilitas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/13/050900400
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 27 Feb 2009 09:47
Last Modified: 23 Oct 2021 09:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113975
[thumbnail of 050900400.pdf]
Preview
Text
050900400.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item