Wulandari (2009) Kinerja Kantor Pelayanan Terpadu (KPT) Dalam Mewujudkan Pelayanan Prima Kepada Masyarakat (Suatu studi pada Kantor Pelayanan Terpadu Kabupaten Tulungagung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penyelenggaraan pemerintahan yang berlandaskan kepada Undang-undang no 32 tahun 2004 tentang pemerintahan daerah sudah berjalan beberapa tahun tetapi belum tampak adanya perubahan signifikan dalam bidang penyediaan pelayanan public, sementara tuntutan masyarakat semakin tinggi. Kualitas pelayanan publik di Indonesia pada saat ini masih di nilai rendah oleh masyarakat penggunanya, bahkan masyarakat tidak memiliki kepercayaan terhadap proses pengelolaan pelayanan pemerintah. Oleh Karena itu Keberadaan organisasi pemerintah sangat penting bagi masyarakat, terutama dalam menjamin kepentingan masyarakat dengan menyediakan pelayanan publik yang tidak disediakan oleh organisasi swasta dengan baik, profesional akuntabel dan transparan. Organisasi pemerintah diperlukan untuk menjamin kepentingan publik dan mempertangungjawabkannya. Untuk dapat melihat efektifitas kinerja pelayanan publik pada penyelenggaraan pemerintahan di Indonesia salah satunya adalah Kantor Pelayanan Terpadu (KPT) Kabupaten Tulungagung sebagai instansi/organisasi yang berhubungan langsung dengan masyarakat dana salah satu tujuan utamanya adalah menciptakan pelayanan perijinan satu pintu yang prima yang didukung dengan peningkatan dan penyempurnaan sistem informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis upaya peningkatan kualitas pelayanan publik (masyarakat) di pemerintah kabupaten tulungagung, serta mendeskripsikan faktor penghambat dan faktor pendukung upaya pelaksanaan pelayanan publik di kabupaten tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan sumber data primer dan data sekunder. Peneliti menggunakan teknik random sampling, yaitu teknik pengambilan sampel secara acak. Tempat penelitian ini dilaksanakan di kantor pelayanan terpadu kabupaten tulungagung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, data yang terkumpul direduksi, disajikan kemudian ditarik kesimpulan (analisis kualitatif) sampai mendapatkan keabsahan data. Dengan analisis kualitatif dapat diketahui upaya peningkatan kualitas pelayanan publik, yaitu pelaksanaan pelayanan publik di Kantor Pelayanan Terpadu Kabupaten Tulungagung, dimana didalamnya dapat dijabarkan yaitu tentang bagaimana proses pelayanan publik yang diberikan oleh petugas pelayanan Kantor Pelayanan Terpadu Kabupaten Tulungagung, ketepatan waktu pelayanan publik, bagaimanakah biaya pelayanan publik yang diberikan dan nominal biaya yang diberikan, macam-macam pelayanan publik yang ada dan fasilitas pelayanan publik. Kemudian dapat diketahui juga dalam upaya meningkatkan pelayanan publik yaitu dengan melihat sarana dan prasarana pelayanan publik yang memadai dalam meningkatkan pelayanan publik, kemampuan dari pegawai KPT dalam meningkatkan pelayanan publik, dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan oleh para pegawai KPT dalam pelayanan publik. Dari pelaksanaan pelayanan publik (masyarakat) dapat diketahui apakah sudah efektif dan efisien pemerintah Kantor Pelayanan Terpadu Kabupaten Tulungagung dalam meningkatkan pelayanan publik. Melalui analisis dengan cara mereduksi, memilih dan menarik kesimpulan dapat mengetahui faktor-faktor pendukung yang dihadapi instansi pemerintah dan masyarakat/penduduk dalam pelaksanaan pelayanan publik (masyarakat). Selain itu dapat juga mengetahui faktor-faktor penghambat yang dihadapi dilapangan oleh instansi maupun masyarakat dalam melaksanakan pelayanan publik. Sehingga dapat mengetahui kelemahan/kekurangan dan kelebihan dari pelayanan yang diberikan tersebut.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2009/128/050901256 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 29 Apr 2009 09:24 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 09:13 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113973 |
Preview |
Text
050901256.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |