Demokratisasi Kepemimpinan Sektor Publik (Studi tentang Gaya Kepemimpinan Di Kantor Kecamatan Lowokwaru Kota Malang)

KrisnaPuspitasariPurnamaPutri (2009) Demokratisasi Kepemimpinan Sektor Publik (Studi tentang Gaya Kepemimpinan Di Kantor Kecamatan Lowokwaru Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan banyaknya keluhan dari masyarakat masyarakat mengenai pelanan publik yang ada dan dilaksanakan di tingkat kecamatan misalnya pelayanan yang diberikan kepada masyarakt tidak sama dan cenderung tidak adil, masyarakat banyak mengeluhkan pelayanan yang dilakukan oleh pihak kecamatan. Sebagai suatu contoh salah satu warga diminta untuk memberikan sejumlah uang agar pengurusan KTP cepat selesai. Tak jarang masyarakat dimintai biaya tambahan dengan alas an untuk fotocopy, pembelian kertas, dan alas an lain-lain yang sebenarnya tidak tercantum dalamk peraturan. Apabila menginginkan pembuatan KTP selesai dalams atu hari, tak jarang masyarakat harus membayar lebih banyak dari pada biaya yang tercantum dalam peraturan Sehingga rumusan masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana kepemimpinan demokratisasi yang diterapkan di Kecamatan Lowokwaru Malang setelah dilaksanakanya demokratisasi kepemimpinan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan bahwa gaya kepemimpinan Camat Lowokwaru Kota Malang ini adalah gaya kepemimpinan partisipatoris, dimana pada gaya kepemimpinan ini camat menggunakan rasa care , peduli, perhatian dan tanggap terhadap para pegawainya dan memberikan kebeban pada ruang gerak pegawai dengan tetap berdasarkan pada tufoksi yang ada dan diberikan kepada masing-masing pegawai. Hasil pelaksanaan atau penerapan demokratisasi kepemimpinan yang dilakukan di Kecamatan Lowokwaru Malang ditandai dengan adanya beberapa perubahan dalam pemberian layanan kepada public, diantaranya masyarakat tidak perlu lagi mengantri lama atau mengalami birokrasi yang sulit dalam mengurus sesuatu. disamping itu, mulai rapihnya tata administrasi, adanya proses evaluasi kinerja pegawai dan sidak kelapangan secara langsung oleh Camat untuk mengetahui bagaimana proses layanan yang diberikan kepada masyarakat. Dalam menunjang kinerja atau keterampilan pada para pgawainya, pihak Kecamatan Lowokwaru ini mengadakan atau memberikan pelatihan teknis, maupun keterampilan bagi para pegawai yang dilakukan secara internal ataupun eksternal oleh aparat di lingkungan kecamatan. Kedisiplinan kerja yang kurang, pemahaman dalam adiministrasi dan manajemen disamping sarana-prasarana yang kurang memadai yang dimiliki oleh Kecamatan Lowokwaru Malang dan kurang maksimalnya partisipasi warga untuk secara bersama-sama mewujudkan pelayanan yang baik dan maksimal menjadi salah satu penghambat pembangunan demokratisasi kepemimpinan ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/123/050901251
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Apr 2009 13:53
Last Modified: 23 Oct 2021 09:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113968
[thumbnail of 050901251.pdf]
Preview
Text
050901251.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item