Analisis Rasio Keuangan Sebagai Salah Satu Alat Ukur Kinerja Keuangan Koperasi : survei Pada Koperasi Wanita Serba Usaha “Setia Budi Wanita” Malang

SilvyRiaLestari, (2009) Analisis Rasio Keuangan Sebagai Salah Satu Alat Ukur Kinerja Keuangan Koperasi : survei Pada Koperasi Wanita Serba Usaha “Setia Budi Wanita” Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penjelasan Pasal 33 UUD 1945 menempatkan koperasi baik dalam kedudukan sebagai sokoguru perekonomian nasional maupun sebagai bagian integral tata perekonomian nasional. Kopeasi sebagai badan usaha dituntut untuk dapat memberikan pelayanan, dan juga mendapatkan keuntungan dari kegiatan – kegiatannya. Oleh karena itu sebelum kondisi – kondisi terburuk (kerugian) terjadi, maka perlu untuk selalu evaluasi atas perkembangan hasil kegiatan yang telah dilakukan secara berkesinambungan, dan perkembangan hasil kegiatan ini selain sebagai bahan penyusunan rencana – rencana di tahun yang akan datang, sekaligus juga menjadi dasar penilaian kegagalan atau keberhasilan para pengurus dalam mengelola koperasi yang bersangkutan.Kemampuan koperasi untuk dapat mengelola koperasi dengan baik dapat ditentukan oleh kinerja keuangan koperasi.Salah satu alat penilaian kinerja keuangan koperasi adalah dengan menggunakan analisis rasio keuangan, yang dibuat berdasarkan laporan keuangan koperasi pada suatu periode tertentu. Tujuan peneliti memilih lokasi Koperasi Wanita Serba Usaha “Setia Budi Wanita” Malang untuk mengetahui sejauh manakah kinerja keuangan Koperasi Wanita Serba Usaha “Setia Budi Wanita” Malang selama periode 2005 hingga 2007 dengan menggunakan teknik analisis rasio keuangan dan berdasarkan Peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia Nomor : 06/Per/M.KUKM/V/2006. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, yaitu metode penelitian yang menggambarkan dan dan menjelaskan obyek penelitian secara sistematis dan terperinci guna mendapatkan hasil yang lebih jelas dan akurat megenai kinerja keuangan Koperasi Wanita Serba Usaha “Setia Budi Wanita” Malang dengan pendekatan studi kasus. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis time series . Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, dapat diketahui bahwa Koperasi Wanita Serba Usaha “ Setia Budi Wanita” Malang berdasarkan Analisis Rasio Keuangan dari sisi rasio rentabilitas dan rasio solvabilitas dinyatakan dalam keadaan kurang baik, sedangkan pada rasio likuiditas sangat baik karena mengalami peningkatan. Sedangkan berdasarkan Peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia Nomor : 06/Per/M.KUKM/V/2006 Koperasi Wanita Serba Usaha ”Setia Budi Wanita” Malang dinyatakan kurang baik. Saran yang dapat menjadi pertimbangan bagi koperasi adalah melakukan efisiensi terhadap beban operasional, meningkatan pendapatan dan mengoptimalkan pemanfaatan modal dan aktiva yang dimilikinya untuk menghasilkan SHU yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2009/103/050900941
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 25 Mar 2009 11:13
Last Modified: 23 Oct 2021 08:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113948
[thumbnail of 050900941.pdf]
Preview
Text
050900941.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item