TriasWibawanti (2008) Pengaruh Promosi Penjualan dan Iklan terhadap Volume Penjualan PT. Jawa Pos Radar Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilakukan atas dasar kondisi persaingan bisnis saat ini yang semakin ketat serta sulit diprediksi memaksa para pengusaha untuk saling berebut dalam mempertahankan konsumen. Agar perusahaan unggul dalam persaingan dibutuhkan perencanaan yang salah satunya mengenai kegiatan promosi. Beberapa cara berkomunikasi dengan pelanggan tergabung dalam bauran komunikasi yang salah satunya adalah promosi penjualan dan iklan. Jika promosi penjualan lebih menekankan kepada insentif yang akan diberikan kepada konsumen agar konsumen tertarik membeli suatu produk, maka iklan berfungsi sebagai alat untuk mengenalkan produk serta memberitahukan kepada masyarakat bahwa produk tersebut telah dipasarkan. Melalui iklan perusahaan dapat menginformasikan keunggulan produknya dan meyakinkan masyarakat bahwa produk tersebut dibutuhkan oleh masyarakat. Dibandingkan dengan jenis promosi lainnya karena dirasa jauh lebih menarik, oleh karena itu perusahaan banyak menggunakan alat promosi ini. PT. Jawa Pos Radar Malang menggunakan promosi penjualan dan iklan sebagai salah satu alat komunikasi dengan konsumen. Promosi penjualan yang dilakukan antara lain pemberian barang promosi, pemberian voucher dan kegiatan sponsorship, sedangkan iklan yang dilakukan adalah menggunakan jasa periklanan JTV, papan reklame digital painting di Singosari, spanduk dan X Baner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jika tidak dipengaruhi oleh aktifitas promosi penjualan dan iklan dengan variabel barang promosi, voucher, sponsorship, iklan di JTV, papan reklame digital painting, spanduk dan X Baner, maka volume penjualan PT. Jawa Pos Radar Malang tetap atau konstan sebesar 319.264,684 eksemplar. Model regresi yang dihasilkan menjelaskan bahwa jika aktifitas variabel barang promosi (X1) dilakukan 1 kali, maka volume penjualan (Y) akan meningkat sebesar 9,521 eksemplar. Jika aktifitas variabel voucher (X2) dilakukan 1 kali, maka volume penjualan (Y) akan meningkat sebesar 26,375 eksemplar dan jika variabel sponsorship (X3) aktifitasnya dilakukan 1 kali, maka volume penjualan (Y) akan meningkat sebesar 627,727 eksemplar. Begitu pula halnya dengan aktifitas variabel iklan di JTV (X4), jika variabel tersebut aktifitasnya dilakukan 1 kali, maka volume penjualan (Y) akan meningkat sebesar 2.663,596 eksemplar. Jika aktifitas variabel papan reklame digital painting (X5) tidak dilakukan 1 kali, maka volume penjualan (Y) dapat menurun sebesar - 2.751,784 eksemplar. Jika aktifitas variabel spanduk (X6) tidak dilakukan 1 kali, maka volume penjualan (Y) dapat menurun sebesar -95,575 eksemplar dan jika aktifitas variabel X Baner (X7) dilakukan 1 kali, maka volume penjualan (Y) akan meningkat sebesar 1.673,588 eksemplar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2008/96/050800873 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 24 Mar 2008 10:11 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 08:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113938 |
Preview |
Text
050800873.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |