Upaya Pemerintah Daerah dalam Pemberdayaan Industri Kecil dan Usaha Kecil Menengah (UKM) : Studi pada Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Trenggalek.

IrvanDwiSaputra (2008) Upaya Pemerintah Daerah dalam Pemberdayaan Industri Kecil dan Usaha Kecil Menengah (UKM) : Studi pada Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Trenggalek. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemberdayaan industri kecil dan usaha kecil menengah (UKM) sangat diperlukan karena mempunyai peran yang cukup signifikan dalam pembangunan ekonomi nasional. Pemberdayaan industri kecil dan UKM akan langsung terkait dengan upaya perbaikan kehidupan masyarakat luas yang semakin memburuk akibat krisis ekonomi. Peran serta pemerintah sangatlah diperlukan agar usaha industri ini dapat berkembang lebih pesat. Pemberdayaan ini ditujukan agar sektor ini dapat berperan sebagai sumber penghasilan yang cukup bagi pemilik usaha dan bagi masyarakat yang terlibat dalam pengelolaannya. Hal ini sebagaimana tanggung jawab Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Dinas Perindagkop) terhadap keberadaan sektor industri kecil dan UKM. Permasalahan yang dikemukakan adalah upaya apa yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Trenggalek dalam rangka pemberdayaan industri kecil dan UKM serta faktor apa saja yang mendukung dan menghambat proses pemberdayaan industri kecil dan UKM di Kabupaten Trenggalek Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai upaya Pemerintah Kabupaten Trenggalek dalam rangka pemberdayaan industri kecil dan UKM serta mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam proses pemberdayaan industri kecil dan UKM di Kabupaten Trenggalek Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi industri kecil dan UKM di Kabupaten Trenggalek mempunyai peluang untuk dilestarikan dan dikembangkan, baik dari aspek sumberdaya manusia, aspek produktivitas, aspek permodalan serta aspek pemasaran. Berdasarkan potensi yang dimiliki oleh industri kecil dan UKM di Kabupaten Trenggalek lebih berpusat kepada manusia, maka strategi Pemerintah Kabupaten Trenggalek untuk mengembangkannya adalah melalui strategi pemberdayaan, yaitu dengan penciptaan iklim usaha yang kondusif dan penguatan potensi yang dimiliki para pengusaha dan pengrajin melalui pembinaan dan pengembangan teknik serta manajerial. Adapun program-program dan kegiatan yang dilaksanakan untuk menumbuhkan iklim usaha yang kondusif adalah melalui peningkatan aksesibilitas terhadap permodalan, penyediaan layanan nfrastruktur, kemudahan dalam layanan perijinan serta pembinaan dan pengembangan kelembagaan. Sedangkan program dan kegiatan untuk penguatan potensi yang telah dimiliki melalui pembinaan dan pengembangan teknik dan manajerial yang meliputi pembinaan dan pengembangan teknik produksi, pemasaran serta sumber daya manusia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/78/050800813
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Mar 2008 14:04
Last Modified: 23 Oct 2021 08:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113917
[thumbnail of 050800813.pdf]
Preview
Text
050800813.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item