Pengaruh Pengembangan Produk Terhadap Penjualan : Studi Kasus pada Perusahaan Rokok Bintang Sayap Insan Kepanjen.

RobiatulAdawiyah (2008) Pengaruh Pengembangan Produk Terhadap Penjualan : Studi Kasus pada Perusahaan Rokok Bintang Sayap Insan Kepanjen. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Adanya suatu kenyataan bahwa semakin ketatnya persaingan dunia bisnis dewasa ini menyebabkan konsumen lebih selektif dalam memilih produk yang sesuai dengan keinginannya. Perusahaan dituntut untuk selalu tanggap terhadap perubahan tersebut, sehingga bisa dihadapkan pada keadaan persaingan yang semakin ketat dalam rangka mempertahankan kelangsungan perusahaan, meningkatkan penjualan dan keuntungan perusahaan. Pengembangan produk merupakan salah satu strategi produk yang dapat dipakai oleh perusahaan guna mempertahankan posisinya di pasar, menanggulangi penurunan penjualan dan menjaga kestabilan penjualannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang pelaksanaan pengembangan produk beserta pengaruhnya terhadap penjualan produk perusahaan. Pengembangan produk inilah yang dilakukan oleh Perusahaan rokok Bintang Sayap Insan Kepanjen dengan menawarkan berbagai macam produk rokok hasil pengembangan yang beragam. Pengembangan produk yang dilakukan Perusahaan rokok Bintang Sayap Insan Kepanjen ini adalah untuk mempertahankan posisinya di pasar, menanggulangi penurunan penjualan dan menjaga kestabilan penjualannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan aktifitas perusahaan yang akan dijadikan latar belakang untuk menetapkan kebijaksanaan di masa yang akan datang, terutama terhadap hal-hal yang berhubungan dengan pengembangan produk. Teknik analisis yang digunakan adalah rata-rata ukur untuk mengetahui tingkat rata-rata perkembangan penjualan produk perusahaan, korelasi product moment yang bertujuan untuk mengetahui tingkat keeratan hubungan antara pengembangan produk dengan penjualan, dan analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh dari pengembangan produk terhadap penjualan. Berdasarkan analisis beda rata-rata yang dilakukan oleh perusahaan rokok Bintang Sayap Insan Kepanjen terlihat bahwa beda rata-rata penjualan sebelum dan setelah pelaksanaan pengembangan produk adalah sebesar 9740 bal setiap tahunnya. Dari hasil analisis korelasi product moment diperoleh rxy = 0,77 . Hal ini menunjukkan bahwa rxy mendekati 1 sehingga terdapat hubungan yang kuat dan positif antara pengembangan produk dengan penjualan. Dengan melaksanakan pengembangan produk perusahaan kini tidak hanya tergantung pada satu jenis produk serta pasar saja, tetapi dengan adanya pengembangan produk perusahaan rokok Bintang Sayap Insan Kepanjen dapat meningkatkan daya saing terhadap perusahaan-perusahaan lain yang menjadi pesaingnya. Sedangkan dari hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa pelaksanaan pengembangan produk dapat meningkatkan penjualan rata-rata sebesar 3.592 bal per tahunnya untuk mengembangkan satu macam produk baru.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/7/050800272
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Feb 2008 14:58
Last Modified: 23 Oct 2021 08:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113910
[thumbnail of 050800272.pdf]
Preview
Text
050800272.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item