MylindaMegawatiKusumadewi (2008) Manajemen Pelayanan Publik dalam Pengelolaan Sampah : Studi Pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Madiun. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat manajemen pelayanan publik yang dilakukan oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan dalam pengelolaan sampah warga Kota Madiun. Penelitian ini didasarkan suatu fenomena bahwa pada saat ini timbunan sampah di TPA Winongo semakin menggunung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Manajemen Pelayanan Publik Dalam Pengelolaan Sampah yang dilakukan oleh DKP Kota Madiun; (2) Upaya-upaya apa saja yang dilakukan oleh DKP Kota Madiun dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat berkaitan dengan pengelolaan sampah; (3) Seberapa jauh tanggapan masyarakat terhadap pelayanan publik yang diberikan oleh DKP Kota Madiun di bidang kebersihan lingkungan dalam pengelolaan sampah. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif secara deskriptif yang didukung dengan teori tentang Pelayanan Publik, Manajemen Pelayanan Publik, Otonomi Daerah, Partisipasi dan Pemberdayaan Masyarakat, dan Lingkungan Hidup. Penelitian ini dilakukan di Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Madiun. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pelayanan publik dalam pengelolaan sampah yang dilakukan oleh DKP Kota Madiun meliputi empat tahapan yaitu tahap pewadahan dari sumbernya, tahap pengumpulan, tahap pengangkutan dan tahap pembuangan akhir. Sampah dari jalanan dan pemukiman dilakukan pewadahan dan pemilahan antara sampah organik dan sampah anorganik, kemudian sampah dikumpulkan dengan gerobak untuk dibawa ke Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang ada di tiga kecamatan, dari TPS sampah diangkut menggunakan truk pengangkut sampah menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Winongo untuk dilakukan pemusnahan menggunakan sistem pengelolaan sampah secara Sanitary Landfill. Sedangkan upaya yang dilakukan DKP Kota Madiun untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam pengelolaan sampah yaitu dengan menambah sarana dan prasarana baru serta melakukan pengecekan, perbaikan dan perawatan. Selain itu dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan mengikut sertakan para pegawai pada program diklat pendidikan dan pelatihan. Upaya penyuluhan kepada masyarakat pun juga dilakukan dengan memberikan materi penyuluhan tentang kebersihan lingkungan dengan pengelolaan sampah yang baik melalui proram pemilahan dan pengomposan. Selama ini tanggapan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh DKP Kota Madiun dalam pengelolaan sampah sudah baik, dalam hal ini masyarakat menyakatakan bahwa pelayanan yang diberikan cukup memuaskan. Saran yang bisa penulis berikan adalah sebaiknya manajemen pengelolaan sampah dapat dijadikan lebih berdaya guna dengan pemilahan sampah secara kimiawi, pengelolaan sampah dengan teknologi peleburan, dan sebaiknya pemerintah (DKP) Kota Madiun mengadakan kontak dengan masyarakat melalui kegiatan kebersihan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2008/68/050800723 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 31 Mar 2008 12:16 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 08:22 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113908 |
Preview |
Text
050800723.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |