Pengembangan Sumber Daya Aparatur Pemerintah Daerah Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pegawai. : Studi Pada Badan Kepegawaian Daerah Pemerintah Kabupaten Malang.

YudhiMugaLaksana (2008) Pengembangan Sumber Daya Aparatur Pemerintah Daerah Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pegawai. : Studi Pada Badan Kepegawaian Daerah Pemerintah Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini berusaha untuk melihat eksistensi dan kualitas Pemerintah Daerah kita saat ini, dimana dalam kurun terakhir muncul tuntutandari masyrakat agar kopentensi, serta tuntutan dari masyarakat adanya kualitas pelayanan yang semakin prima. Pentingnya birokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan menunjang keberhasila pembangunan telah mendorong berbagai upaya kearah langkah penyempurnaan. Berkaitan dengan hal ini, birokrasi harus mampu melakukan kiat – kiat strategis dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat, dan di pihak lain juga harus mampu meningkatkan kualitas pegawai (Aparatur Pemerintah) dalam lingkungan. Namun sepertinya ini sulit terwujut karena pegawai (SDM) yang ada selama ini sekaligus kendala yag dihadapi oleh pemerintah daerah (terutama adalah Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Malang). Asumsi tersebut muncul karena belum mantapnya sistem tugas dan ijin belajar, promosi serta mutasi pegawai yang sarat dengan tujuan individual ataupun kelompok. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, dan unit analisinya lembaga yakni BKD Kabupaten Malang, maka peneliti ini tidak menggunakan populasi dan sample melainkan “ Subyek Penelitian”. Subyek penelitian ini dimaknai sebagai yang terlihat di dalamnya merupakan satu kesatuan, sehingga untuk mengumpulkan data primer dalam penelitian ini menggunakan key informasi dalam hal ini adalah alat kelengkapan BKD seperti data, dokumen, asip atau lain – lainya. Sumber data primer diperoleh dari kata – kata, yang didapatkan dari responden atau orang yang menulis wawancarai, meliputi kepala BKD, Kepala TU. Kepala Sub Bagian, Kepala Bidang, Kepala Sub Bidang, dan beberapa orang pegawai BKD lainnya, observasi, interview, dan dokumentasi merupakan teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini. Aspek yang paling ditekankan dalam penelitian ini adalah pengembangan sumber daya aparatur daerah yang dilakukan oleh BKD Kabupaten Malang, apakah dapat memberikan peningkatan kinerja pegawaianya. Hal ini dapat dilihat dari pelaksanaan dan hasil diklat, tugas belajar, promosi dan mutasi yang dilakukan. Dari penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa programprogram yang ada baik bersifat jangka pendek maupun jangka panjang dapat diselesaikan dengan kinerja yang optimal, sebagaimana yang tertera dalam laporan evaluasi kinerja pegawai BKD yang berbentuk laporan akuntabilitas kinerja pegawai dengan demikian pelaksanaan pengembangan sumber daya aparatur daerah yang dilaksanakan oleh BKD Kabupaten Malang dapat dikatakan cukup bagus dan dapat meningkatkan profesionalisme jika dilihat dari segi ketrampilan, wawasan dan pengetahuan pegawainya walaupun konotasi tersebut belum cukup dominan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/66/050800721
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Apr 2008 09:32
Last Modified: 23 Oct 2021 08:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113906
[thumbnail of 050800721.pdf]
Preview
Text
050800721.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item