Diferensiasi Layanan Sebagai Salah Satu Strategi Dalam Upaya Mempertahankan Pasar : Studi Kasus pada PT. United Tractors, Tbk Cabang Surabaya.

SindyPrastiwi (2008) Diferensiasi Layanan Sebagai Salah Satu Strategi Dalam Upaya Mempertahankan Pasar : Studi Kasus pada PT. United Tractors, Tbk Cabang Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri alat berat di Indonesia berkembang dengan pesat dalam kurun waktu lima tahun. Bahkan untuk wilayah Asia Tenggara, Indonesia adalah negara yang memiliki industri alat berat terlengkap dan lebih maju. Melalui dukungan dari berbagai negara maju, pelaku industri alat berat di Indonesia terus melakukan ekspansi. Perusahaan yang menjadi pemimpin pasar akan terus berusaha mempertahankan keunggulannya untuk tetap dapat mempertahankan pasarnya. Keunggulan bersaing berkembang dari nilai yang mampu diciptakan perusahaan untuk pembelinya, yang melebihi biaya perusahaan pesaing dalam mendisain, memproduksi, memasarkan, menyerahkan dan mendukung produknya. Diferensiasi merupakan salah satu jenis dasar keunggulan bersaing. Dalam strategi diferensiasi, perusahaan berusaha menjadi “unik” dalam industrinya pada beberapa dimensi yang secara umum dihargai oleh pembeli, sehingga produk perusahaan dihargai karena keunikannya. Berdasarkan pada latar belakang tersebut dapat dirumuskan permasalahan tentang diferensiasi layanan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan pasar, dan bagaimana dampak diferensiasi layanan yang dilakukan tersebut, terhadap pertahanan pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan diferensiasi layanan dan pengeruhnya terhadap pertahanan pasar. Untuk mengetahui diferensiasi layanan yang dilakukan dan dampaknya terhadap pertahanan pasar, maka dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, dengan wawancara dan observasi sebagai instrumen penelitian. Dari hasil analisis dan intepretasi data dapat diperoleh gambaran tentang penerapan diferensiasi layanan yang dilakukan sebagai salah satu strategi dalam upaya mempertahankan pasar, berserta dampaknya terhadap pertahanan pasar pada PT United Tractors, Tbk Cabang Surabaya. Secara umum, setiap perusahaan yang bersaing dalam suatu pasar tertentu memiliki standar jenis layanan yang hampir sama bahkan sama persis. UT berusaha memberikan nilai unik kepada pelanggan dengan jalan menerapkan customer relationship. Dengan konsep customer-driven company, UT fokus pada produk (layanan) yang disesuaikan dengan kebutuhan customer. UT sangat concern pada pendekatan terhadap pelanggan. Melalui sales marketing yang handal, perusahaan berusaha untuk dekat dan akrab dengan pelanggan dalam suasana yang bersahabat Dengan demikian, perusahaan dapat mengidentifikasi dan memahami permasalahan yang dialami oleh pelanggan, untuk kemudian UT dapat memberikan problem solving. Berdasarkan intepretasi data maka dapat ditarik kesimpulan bahwa bahwa untuk tetap mempertahankan pasarnya, UT berusaha memberikan nilai unik kepada pelanggan dalam bentuk layanan. Pendekatan yang dilakukan UT terhadap pelanggan, memberikan peluang kepada UT untuk menciptakan keunikan sebuah layanan yang ditawarkan kepada pelanggan. Dari variasi kendala dan permasalahan itulah UT menciptakan nilai uniknya, dengan memberikan problem solving yang bervariasi pula. Dengan demikian pelanggan merasa memperoleh perhatian khusus dan mendapat perlakukan istimewa, karena layanan yang diberikan perusahaan terhadap pelanggan tidaklah sama rata. Hal ini menunjukkan bahwa UT tanggap terhadap kebutuhan masing-masing pelanggannya. Segala upaya yang dilakukan UT sebagai salah satu strategi diferensiasi tidaklah sia-sia, karena UT selalu dapat mempertahankan pasarnya. Paling tidak, UT selalu menjadi pemimpin pasar di bidang distribusi alat berat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/55/050800710
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Mar 2008 10:57
Last Modified: 23 Oct 2021 08:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113896
[thumbnail of 050800710.pdf]
Preview
Text
050800710.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item