NovikaAstarini (2008) Penerapan Corporate Social Responsibility sebagai Salah Satu Strategi Membangun Citra Perusahaan (Corporate Image) : Studi pada PT Petrokimia Gresik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Beberapa tahun terakhir semakin banyak korporasi yang mulai sadar bahwa menerapkan CSR merupakan investasi yang baik untuk sustainability bisnis mereka. Program CSR yang diterapkan dapat memberikan return yang cukup besar yang sebagian tidak bisa dinilai dengan uang, diantaranya dapat diterapkan sebagai bagian dari strategi untuk membangun citra positif korporat yang merupakan aset penting pendukung keberlanjutan perusahaan di masa yang akan datang. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan CSR yang dilakukan oleh PT Petrokimia Gresik serta untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan CSR PT Petrokimia Gresik sebagai salah satu strategi membangun citra perusahaan (corporate image). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan di PT Petrokimia Gresik yang dalam operasionalnya beresiko tinggi dan memiliki eksternalitas negatif sehingga menuntut diterapkannya tanggung jawab (termasuk di dalamnya tanggung jawab sosial) dan komitmen tinggi dari seluruh elemen perusahaan. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh dengan melakukan wawancara secara mendalam dengan informan kunci (pihak perusahaan, pemerintah dan tokoh masyarakat), observasi dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penerapan CSR di PT Petrokimia Gresik merupakan suatu kebutuhan perusahaan dan bukan dianggap sebagai cost center, melainkan diterapkannya CSR sebagai bentuk tanggung jawab sekaligus investasi masa depan perusahaan. Sebagai salah satu perusahaan BUMN, penerapan CSR di PT Petrokimia Gresik telah memiliki pola tersendiri, yakni secara khusus diimplementasikan dalam bentuk Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan namun masih memberi peluang bagi seluruh departemen yang dimiliki oleh pertusahaan untuk melaksanakan program CSR sesuai dengan kompetensi yang dimiliknya. Penerapan CSR PT Petrokimia Gresik telah membantu perusahaan untuk mendapatkan citra korporat yang positif di kalangan stakeholders-nya. Selanjutnya, berdasarkan gambaran pelaksanaan CSR di PT Petrokimia Gresik, dapat dirumuskan sebuah model alternatif bagaimana alur penerapan CSR membangun citra perusahaan yang mampu mendukung pencapaian sustainability. Beberapa saran direkomendasikan untuk mendukung penerapan CSR yang baik oleh perusahaan, yakni filosofi bisnis yang dimiliki sejak awal seharusnya adalah pihak perusahaan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat sekitar. Begitu juga sebaliknya, masyarakat merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pihak korporasi. Sebaiknya terdapat pengaturan CSR di Indonesia dan pelaksanaan CSR hendaknya lebih mengutamakan prinsip pemberdayaan, kemitraan dan kekeluargaan, serta sebaiknya pelaksanaan CSR di perusahaan merupakan strategi korporat dan bukan parsial yang dilaksanakan melalui sebuah divisi khusus yang bertanggung jawab langsung pada manajemen puncak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2008/52/050800653 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 31 Mar 2008 15:19 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 08:03 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113893 |
Preview |
Text
050800653.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |