Relationship Marketing Sebagai Suatu Usaha untuk Memelihara Hubungan dengan Pelanggan : Studi Kasus pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Kota Branch Office.

IkeSulistyoWiwinEfawati (2008) Relationship Marketing Sebagai Suatu Usaha untuk Memelihara Hubungan dengan Pelanggan : Studi Kasus pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Kota Branch Office. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) adalah salah satu perusahaan asuransi yang sudah cukup dikenal masyarakat dan satu-satunya Perusahaan Asuransi Jiwa milik negara di bawah otoritas Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang saham tunggalnya adalah Departemen Keuangan Republik Indonesia. Untuk memenangkan persaingan, perusahaan menggunakan penerapan relationship marketing untuk memelihara pelanggan yaitu dengan menghargai arti pertumbuhan keuntungan jangka panjang yang diperoleh dari membangun suatu hubungan yang kuat dengan pelanggannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan keberhasilan strategi relationship marketing yang diterapkan pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Kota Branch Office dalam mempertahankan hubungan dengan pelanggan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan fokus penelitian yaitu relationship marketing dan pelanggan perusahaan. Penelitian ini berlokasi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Kota Branch Office yang beralamat di Jl. Slamet Riyadi No. 18 Malang. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah Instriktur Junior, Penagih, dan pelanggan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Kota Branch Office. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, pedoman wawancara, pedoman observasi dan pedoman pencatatan dokumentasi. Adapun metode analisis data adalah dengan mendeskripsikan penerapan relationship marketing pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Kota Branch Office terhadap pelanggan dalam bentuk pelayanan yang diberikan, serta mendeskripsikan dan menggambarkan data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk tabel dan persentase untuk mengetahui perkembangan jumlah pelanggan dan jumlah pelanggan yang memiliki lebih dari satu polis produk perusahaan dari tahun 2005 sampai dengan tahun 2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan relationship marketing yang dilakukan oleh PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Kota Branch Office sudah efektif. Keputusan perusahaan untuk mengambil langkah kegiatan relationship marketing telah menciptakan keuntungan jangka panjang yang diperoleh dari membangun sebuah hubungan yang mampu memberi pelayanan personal dari perusahaan kepada pelanggannya. Dalam penelitian terdapat tiga kunci keberhasilan dalam menerapkan relationship marketing yaitu melalui pelaksanaan internal marketing dan external marketing serta penciptaan interactive marketing. Ketiga hal tersebut sebagai usaha dalam memelihara hubungan dengan pelanggan yang akan berdampak pada peningkatan jumlah penjualan polis dan pelanggan. Oleh karena itu, hendaknya perusahaan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Kota Branch Office sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa asuransi jiwa dapat lebih meningkatkan lagi penerapan relationship marketing, mengingat dengan usaha relationship marketing perusahaan dapat menjalin hubungan baik dengan pelanggannya demi tercapainya peningkatan penjualan polis produk perusahaan dari tahun ke tahun. Keberhasilan perusahaan dalam menerapkan relationship marketing dalam memelihara hubungan dengan pelanggannya terbukti akan memberikan pendapatan dalam penjualan polis produk perusahaan yang meningkat setiap tahunnya. Hal ini sangat bagus untuk kelangsungan kinerja perusahaan ke depannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/51/050800652
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 Mar 2008 10:03
Last Modified: 23 Oct 2021 08:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113892
[thumbnail of 050800652.pdf]
Preview
Text
050800652.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item