Sistem dan Prosedur Penerimaan Retribusi Parkir Dalam Upaya Mendukung Pengendalian Intern : studi kasus pada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang

ReniWidayanti (2008) Sistem dan Prosedur Penerimaan Retribusi Parkir Dalam Upaya Mendukung Pengendalian Intern : studi kasus pada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Retribusi parkir dipandang sebagai salah satu sumber kontribusi yang potensial bagi Kabupaten Malang, karena hal ini sejalan dengan semakin meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan seiring pula dengan pertumbuhan sosial ekonomi masyarakat kota sehingga mengakibatkan peningkatan terhadap tingkat mobilitas. Adanya tingkat mobilitas yang meningkat maka secara tidak langsung berpengaruh terhadap usaha perparkiran sehingga pemasukan daerah dari sektor retribusi parkir akan meningkat pula. Selama ini retribusi parkir belum dikelola sebagaimana mestinya, padahal ini merupakan salah satu sumber pendapatan daerah yang potensial. Untuk menjamin agar pelaksanaan penerimaan hasil retribusi parkir secara tertib dalam kepengurusannya dalam hal ini perlu diterapkan suatu sistem dan prosedur penerimaan retribusi parkir sehingga tercipta pengendalian intern yang baik dan tepat. Sistem pengendalian intern dikatakan baik apabila sistem dan prosedur penerimaan retribusi parkir tersebut telah menunjukkan pencapaian tujuan penerapannya. Peranan pengendalian intern sangat besar dalam hal pemungutan retribusi, mengingat bahwa pengendalian intern ini adalah merupakan tindakan preventif terhadap terjadinya penyelewengan yang mungkin akan terjadi. Dengan adanya sistem pengendalian intern yang baik akan dapat mencegah atau mengurangi tindakan penyelewengan sehingga diharapkan akan dapat mendorong peningkatan penerimaan daerah dari hasil pemungutan retribusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan sistem dan prosedur penerimaan retribusi parkir pada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang. Selain itu bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan sistem dan prosedur penerimaan retribusi parkir tersebut sudah mencerminkan pengendalian intern yang baik atau belum. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus yaitu pada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang. Fokus penelitian ini adalah pengendalian intern pada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang yang meliputi struktur organisasi,sistem wewenang dan prosedur pencatatan, praktek yang sehat, karyawan yang mutunya sesuai dengan tanggung jawabnya, sistem penyediaan benda berharga (karcis), dan sistem penerimaan retribusi parkir. Lokasi penelitian dilakukan pada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang. Jenis data primer diperoleh secara langsung dari sumbernya yaitu terhadap responden yang akan diteliti. Data tersebut diperoleh melalui wawancara secara langsung dengan bagianbagian yang terkait yaitu pada seksi parkir. Jenis data sekunder diperoleh dari beberapa laporan, literatur profil perusahaan maupun publikasi dari pihak perusahaan terhadap sistem peneriman retribusi parkir. Publikasi tersebut berupa dokumendokumen dan formulir-formullir perusahaan yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan instrument penelitian berupa panduan wawancara, dan panduan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data nonstatistik dengan menganalisis pengendalian intern pada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang, pelaksanaan pengendalian intern dalam sistem penyediaan benda berharga (karcis), pelaksanaan pengendalian intern dalam sistem penerimaan retribusi parkir serta memberikan alternatif pemecahan masalah serta saran-saran yang mungkin diperlukan berdasarkan hasil analisis yang dilakukan. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa sistem dan prosedur penerimaan retribusi parkir pada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Malang masih terdapat kelemahan yang kurang dapat mendukung pengendalian intern yaitu pada struktur organisasi masih terdapat perangkapan tugas antara fungsi antara bendahara penerima dan penyetor juga merangkap sebagai bendaharawan khusus benda berharga, belum lengkapnya formulir atau catatan yang digunakan, dalam penggunaan formulir masih belum ada nomor urut tercetak, belum dilakukannya rotasi pegawai pada seksi yang menangani retribusi parkir, Belum dilakukan pemeriksaan mendadak (surprised audit ) guna mendeteksi secara dini apabila terjadi kecurangan, Adanya jukir yang melakukan kecurangan seperti memainkan tarif dan tidak memberikan tanda bukti kepada para pengguna jasa parkir yang nantinya berakibat timbulnya penyelewengan yaitu jumlah uang yang diterima tidak diserahkan semuanya kepada koordinator pemungut dan dampak yang dihasilkan dapat menurunkan pendapatan retribusi parkir, dalam hal penyetoran penerimaan hasil retribusi parkir tidak disetor kepada bank yang telah ditunjuk dalam waktu1x24 jam pada hari yang sama saat penerimaan. Saran yang dapat diberikan untuk memperbaiki kelemahan yang ada untuk mendukung pengendalian intern yang ada dalam Dinas yaitu harus dilakukan pemisahan tugas antara fungsi pencatatan (Bendahara Penerima/Penyetor) dengan fungsi bendaharawan khusus benda berharga, perlu adanya penambahan atas formulir yang ada, formulir yang digunakan harus diberi nomor urut tercetak, Perlu dilakukannya rotasi pegawai untuk menghindari terjadinya kerja sama untuk melakukan penyelewengan, dalam hal penyetoran sebaiknya pihak yang menyetorkan uang hasil pemungutan dapat dilakukan langsung oleh koordinator pemungut, setiap hari, perlu dilakukan pemeriksaan mendadak (surprised audit ) guna mendeteksi secara dini apabila terjadi kecurangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/444/050803755
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 22 Jan 2009 09:21
Last Modified: 23 Oct 2021 07:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113835
[thumbnail of 050803755.pdf]
Preview
Text
050803755.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item