Penggunaan Budget Kas untuk Menjaga Likuiditas dan Meningkatkan Rentabilitas : Studi Kasus Pada PG. Modjopanggoong,Tulungagung.

DinaWahyuningtyas (2008) Penggunaan Budget Kas untuk Menjaga Likuiditas dan Meningkatkan Rentabilitas : Studi Kasus Pada PG. Modjopanggoong,Tulungagung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu masalah penting bagi perusahaan adalah antisipasi terhadap ketersediaan kas yang ada di perusahaan. Kas diperlukan untuk membiayai operasi perusahaan misalnya membeli bahan baku, membeli mesin-mesin, membayar gaji karyawan, membiayai gedung untuk pengembangan usaha, membayar hutang dan sebagainya, untuk itu kas harus direncanakan dan diawasi dengan baik karena kas sangat berperan dalam menentukan kelancaran kegiatan perusahaan. Salah satu alat perencanaan dalam keuangan adalah anggaran, salah satunya anggaran kas. Dengan adanya anggaran kas menunjukkan perusahaan dapat mengelola penerimaan kas dan mampu mengendalikan pengeluaran kas sehingga dapat tercipta saldo kas yang optimal dan bisa juga untuk menjaga likuiditas dan rentabilitas perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan budget kas dalam menjaga likuiditas dan rentabilitas di PG. Modjopanggoong. Sedangkan Fokus penelitian ini diarahkan pada bidang manajemen keuangan, khususnya mengenai penggunaan budget kas untuk menjaga likuiditas dan rentabilitas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pada penelitian ini metode analisis data yang digunakan adalah analisa secara kuantitatif dan analisis kualitatif. Analisa kualitatif yaitu menganalisis data yang diperoleh dengan menggunakan penjelasan (deskripsi) atau uraian-uraian teoritis untuk menerangkan data-data yang telah diperoleh guna menarik kesimpulan. Sedangkan analisis kuantitatif dilakukan dengan cara membaca tabel-tabel dan angka-angka yang tersedia. Sumber data dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder serta menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PG. Modjopanggoong dihadapkan pada masalah rentabilitas perusahaan yang cenderung turun sekitar 40%, sementara likuiditas perusahaan mengalami peningkatan yang besar, terutama untuk current ratio yang mengalami peningkatan sekitar 200%. Untuk menjaga likuiditas dan rentabilitas perusahaan, hendaknya PG. Modjopanggoong perlu menyusun budget kas yang tepat. Dengan penyusunan budget kas tingkat rentabilitas perusahaan telah meningkat dibandingkan tahun 2007, sementara tingkat likuiditas perusahaan mengalami penurunan dibandingkan tahun 2007. Budget kas tidak hanya memfokuskan pada aspek penerimaan dan pengeluaran kas saja, tetapi aspek lainnya juga perlu diperhatikan misalnya seperti posisi kas akhir periode tertentu di masa yang akan datang, sehingga dapat segera diketahui bila terjadi defisit atau surplus yang berlebih agar dapat segera diambil langkah untuk mengatasinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/432/050803685
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Feb 2009 10:08
Last Modified: 23 Oct 2021 07:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113824
[thumbnail of 050803685.pdf]
Preview
Text
050803685.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item