Pendidikan Perspektif Gender : Studi Tentang Orientasi Pembentukan Kurikulum Sekolah Perspektif Gender di Pusat Studi Wanita Universitas Negeri Surabaya.

YuniLestari (2008) Pendidikan Perspektif Gender : Studi Tentang Orientasi Pembentukan Kurikulum Sekolah Perspektif Gender di Pusat Studi Wanita Universitas Negeri Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan atas dasar munculnya isu ketidakadilan dan kesetaraan gender dalam pembangunan khususnya di bidang pendidikan. Dimana pendidikan merupakan suatu aspek yang menduduki posisi sentral dalam proses pembangunan yang berkualitas tinggi di dalam suatu negara. Kualitas pendidikan berbanding lurus dengan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan perspektif gender pun akan dapat terwujud jika terwujud pula sumber daya yang perspektif gender, khususnya sumber daya para tenaga didik. Selain sumber daya pendidik yang perspektif gender sebagai salah satu komponen utamanya diperlukan pula bahan/materi ajar perspektif gender. Untuk itu perlunya peran dan upaya pemerintah, lembaga-lembaga pemberdayaan perempuan, serta semua pihak yang terkait dalam rangka mewujudkan sebuah pendidikan perspektif gender. Demikian halnya dengan berbagai kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh PSW UNESA sebagai upaya dan usahanya dalam muwujudkan pendidikan perspektif gender. Dalam penelitian ini beberapa permasalahan yang dibahas oleh penulis, antara lain: bagaimana orientasi pembentukan kurikulum sekolah perspektif gender yang dilakukan Pusat Studi Wanita Universitas Negeri Surabaya, apa saja hasil orientasi pembentukan kurikulum sekolah perspektif gender yang dilakukan Pusat Studi Wanita Universitas Negeri Surabaya, serta apa saja kendala yang dihadapi Pusat Studi Wanita Universitas Negeri Surabaya dalam orientasi pembentukan kurikulum sekolah perspektif gender. Pada penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yang dipergunakan antara lain melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi pada PSW UNESA. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 2-11 Juli 2008. Adapun teknik analisis data yang dipergunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang mengutamakan kedalaman, penghayatan terhadap interaksi antar konsep yang sedang dikaji secara empiris. Berdasarkan pembahasan yang ada, penelitian ini memperoleh hasil adanya SDM pendidik yang perspektif gender serta bahan ajar yang perspektif gender sebagai out put dari berbagai kegiatan-kegiatan bertemakan gender yang dilaksanakan oleh PSW UNESA untuk berperan serta dalam mewujudkan pendidikan perspektif gender. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah SDM pendidik serta bahan ajar yang perspektif gender merupakan komponen penting dalam pembentukan kurikulum yang perspektif gender untuk mewujudkan pendidikan perspektif gender. Adapun saran dan masukan yang dapat diberikan oleh peneliti antara lain: (1) perlu adanya kegiatan-kegiatan yang bertemakan gender yang ditujukan bagi para administrator pendidikan di tingkat lebih tinggi serta para ahli kurikulum, (2) perlu untuk meningkatkan kerja sama dengan dinas pendidikan yang terkait, (3) serta perlunya membentuk SDM yang perspektif gender para administrator pendidikan yakni kepala sekolah, mengingat kepala sekolah sebagai stake holder mempunyai peran yang sangat penting dalam setiap pengambilan keputusan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/410/050803539
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Nov 2008 08:51
Last Modified: 23 Oct 2021 06:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113803
[thumbnail of 050803539.pdf]
Preview
Text
050803539.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item