Peranan Sistem Informasi Geografis Dalam Perencanaan Pembangunan : Studi Pada Kantor Pengelolaan Data Elektronik Kabupaten Malang.

AnggaraPurwadiansyah (2008) Peranan Sistem Informasi Geografis Dalam Perencanaan Pembangunan : Studi Pada Kantor Pengelolaan Data Elektronik Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam membangun Kabupaten Malang yang berkelanjutan memerlukan dukungan berbagai informasi yang akurat serta mutakhir. Perkembangan yang berkaitan dengan data kewilayahan Kabupaten Malang senantiasa berubah seiring kemajuan jaman dan kompleksnya permasalahan. Untuk itu perlu adanya dukungan sebuah sistem yang baik ditunjang dengan Teknologi Informasi yang mutahkhir dan akurat. Dengan adanya Sistem Informasi geografis segala permasalahan yang berhubungan dengan data kewilayahan dapat ditangani karena sistem ini mampu menyajikan data wilayah dan atributnya secara bersamaan. Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peranan Sistem Informasi Geografis Dalam Perencanaan Pembangunan dan mengetahui perencanaan pembangunan Kabupaten itu sendiri pada Kantor Pengelolaan Data Elektronik Kabupaten Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan jenis analisis data menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian pada Kantor Pengelolaan Data Elektronik Kabupaten Malang yang berada di jalan Merdeka Timur No. 3 Malang. Sedangkan fokus penelitiannya adalah Sistem Informasi Geografis dan proses Perencanaan Pembangunan Kabupaten Malang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah peranan Sistem Informasi Geografis pada Kantor Pengelolaan Data Elektronik Kabupaten Malang, sangat baik banyak memberikan kontribusi terutama dalam mendukung perencanaan pembangunan yang berkaitan dengan Rencana Tata Ruang Dan Wilayah (RTRW). Sedangkan perencanaan pembangunan melibatkan masyarakat dalam proses perencanaannya. Meskipun sistem ini hanya berbasis desktop dan KPDE masih melakukan revitalisasi namun sistem ini berperan besar dalam membantu proses perencanaan. Bertitik tolak dari masih terdapatnya kelemahan-kelemahan tersebut, penulis memberikan saran pemecahan masalah yang dapat dijadikan pertimbangan bagi Kantor Pengelolaan Data Elektronik Kabupaten Malang untuk menyempurnakan sistem yang ada menjadi interaktif dan mendorong masyarakat untuk lebih aktif lagi dalam membantu perencanaan pembangunan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/394/050803364
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Oct 2008 10:02
Last Modified: 23 Oct 2021 06:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113787
[thumbnail of 050803364.pdf]
Preview
Text
050803364.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item