Peranan Manajer Sumber Daya Manusia dalam Pelaksanaan Good Corporate Governance (GCG)” : Studi pada PT. TELKOM Kandatel Malang.

TriPutrantoDianDarmawan (2008) Peranan Manajer Sumber Daya Manusia dalam Pelaksanaan Good Corporate Governance (GCG)” : Studi pada PT. TELKOM Kandatel Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dengan judul “Peranan Manajer Sumber Daya Manusia dalam Pelaksanaan Good Corporate Governance (GCG)” yang dilakukan pada bagian personalia PT. TELKOM Kandatel Malang ini dilatarbelakangi oleh krisis di sektor publik yang selama ini ditengarai banyak menerapkan bad governance sehingga berakibat pada pengambilan keputusan yang salah dan buruknya manajemen dan pada akhirnya menyebabkan kinerja yang tidak optimal. Untuk memperbaiki kondisi tersebut, perusahaan dituntut untuk menerapkan sistem pengolahan dan pengendalian manajerial yang tepat yaitu dengan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) . Dalam mewujudkan tata kelola perusahaan yang baik diperlukan adanya sumber daya manusia yang kompeten dalam perusahaan. Untuk mendapatkan karyawan yang kompeten dalam mendukung terlaksananya tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) tidak terlepas dari peranan manajer sumber daya manusia. Masalah utama yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan manajer sumber daya manusia dalam melaksanakan Good Corporate Governance . Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan apa saja peranan manajer sumber daya manusia dalam pelaksanaan Good Corporate Governance . Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif yang bertujuan untuk mencari, mendapatkan dan mengumpulkan sejumlah data untuk mendapatkan gambaran peranan manajer sumber daya manusia dalam melaksanakan Good Corporate Governance pada PT. TELKOM Kandatel Malang. Fokus pada penelitian ini adalah pelaksanaan Good Corporate Governance pada bagian personalia PT. TELKOM Kandatel Malang yang digambarkan melalui prinsip transparansi, kemandirian, akuntabilitas, pertanggungjawaban, dan kewajaran, serta peranan manajer personalia dalam pelaksanaan Good Corporate Governance melalui peranannya sebagai pemimpin, penghubung, penyebar informasi, pemecah masalah, dan sebagai pembagi sumber daya. Berdasarkan hasil analisa dan interpretasi data yang dilakukan, manajer personalia PT. TELKOM Kandatel Malang dalam melaksanakan peranannya untuk mendukung pelaksanaan Good Corporate Governance dapat dikatakan baik. Manajer personalia telah memainkan peranannya sebagai seorang pemimpin, penghubung, wirausahawan, pemecah masalah, dan juga sebagai pembagi sumber daya dengan baik dan bijaksana. Begitu pula dengan setiap tindakan maupun keputusan yang diambil, selalu mempertimbangkan prinsip-prinsip dari Good Corporate Governance . Baik itu prinsip transparansi, kemandirian, akuntabilitas, pertanggungjawaban, maupun prinsip kewajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/393/050803363
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Oct 2008 09:51
Last Modified: 23 Oct 2021 06:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113786
[thumbnail of 050803363.pdf]
Preview
Text
050803363.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item