Beberapa Variabel yang Mempengaruhi Penggunaan Internet Banking : Studi pada PT. Bank Central Asia, Tbk Cabang Dinoyo-Malang.

DyanEkaChristiana (2008) Beberapa Variabel yang Mempengaruhi Penggunaan Internet Banking : Studi pada PT. Bank Central Asia, Tbk Cabang Dinoyo-Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan yang pesat terjadi dibidang teknologi informasi (perangkat keras, perangkat lunak komputer dan telekomunikasi). Teknologi informasi merupakan satu dari sekian banyak alat bantu yang digunakan para manajer untuk menjembatani perubahan. Terkait dengan hal tersebut, dunia perbankan saat ini telah mengembangkan fasilitas internet banking yang memungkinkan nasabah untuk melakukan berbagai transaksi perbankan tanpa harus datang langsung ke bank. Internet banking dapat diakses dimana saja dan kapan saja oleh nasabah melalui jaringan internet, dalam implementasiannya terdapat beberapa variabel yang mempengaruhi nasabah menggunakan fasilitas internet banking sehingga nasabah dapat bertransaksi secara dengan mudah dan nyaman. Penelitian ini dilakukan di PT. Bank Central Asia, Tbk Cabang Dinoyo- Malang, Jl. MT. Haryono No. 160 Malang. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksplanatory. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara variabel Kemudahan penggunaan (X1), Keengganan berubah (X2), Kepercayaan dan hubungan (X3), Biaya (X4), Kemudahan akses (X5), Kesenangan (X6), dan Keamanan (X7) terhadap variabel internet banking secara simultan maupun parsial. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial yang terdiri dari uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan analisis regresi parsial. Sampel yang digunakan berjumlah 91 orang nasabah, dengan taraf signifikansi 0,05 (α= 0,05). Pengujian statistik dilakukan dengan menggunakan program SPSS 15.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa variabel Kemudahan penggunaan (X1), Keengganan berubah (X2), Kepercayaan dan hubungan (X3), Biaya (X4), Kemudahan akses (X5), Kesenangan (X6), dan Keamanan (X7) berpengaruh secara simultan terhadap variabel internet banking (Y), hal ini terbukti dari nilai F hitung sebesar 29,005 > F tabel sebesar 2,12 dan probabilitas 0,000 < α = 0,05. Sedangkan variabel Keengganan berubah (X2) dan Biaya (X4) terbukti tidak berpengaruh secara parsial terhadap variabel internet banking (Y) dan variabel yang memiliki pengaruh dominan adalah variabel Kemudahan penggunaan (X1). Dari penelitian yang telah dilakukan, beberapa variabel yang telah memenuhi harapan nasabah akan berpengaruh secara signifikan terhadap penggunaan layanan internet banking . Dapat diartikan bahwa semakin baik penerapan beberapa variabel tersebut pada layanan internet banking sebuah bank, maka akan meningkatkan penggunaan layanan internet banking oleh nasabah. Dengan dilakukannya penelitian ini, pihak bank sebagai penyedia layanan diharapkan untuk selalu meningkatkan kualitas dan fasilitas yang tersedia pada layanan internet banking sehingga penggunaan layanan internet banking akan meningkat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/390/050803360
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Oct 2008 11:28
Last Modified: 23 Oct 2021 06:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113785
[thumbnail of 050803360.pdf]
Preview
Text
050803360.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item