IvoVidiana, (2008) Strategi Pemasaran dalam Rangka Mencapai Keunggulan Bersaing : suatu kajian Strategi Pemasaran dengan Pendekatan SWOT pada Koperasi ”SAE” Pujon. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perubahan pola persaingan global memerlukan analisis terhadap segala kekuatan yang mempengaruhi perusahaan secara berkesinambungan. Salah satu cara untuk mengetahui kondisi perusahaan terhadap perubahan lingkungan eksternal maupun internal melalui analisis SWOT. Koperasi SAE Pujon merupakan salah satu koperasi susu di Jawa Timur yang mempunyai potensi besar, sehingga memerlukan strategi pemasaran yang tepat dalam rangka mencapai keunggulan bersaing. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasikan kekuatan, kelemahan, peluang, tantangan yang dihadapi oleh perusahaan dan untuk merumuskan strategi pemasaran dalam rangka mencapai keunggulan bersaing melalui pendekatan SWOT. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Obyek penelitian dilakukan di koperasi SAE Pujon. Dan fokus penelitian yang digunakan adalah (1) Lingkungan eksternal perusahaan (2) Lingkungan internal perusahaan dan (3) Keunggulan bersaing. Untuk mendukung analisis ini digunakan analisis EFAS ( Eksternal Strategic Factor Analysis Summary ), IFAS ( Internal Strategic Factor Analysis Summary ), CPM ( Competitive Profile Matrix ), analisis SWOT ( Strength, Weakness, Opportunity, Threath ), matriks Internal Eksternal, matriks Boston Consulting Group (BCG), matriks Grand Strategy, dan Quantitative Strategies Planning Matrix (QSPM), Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari pendekatan SWOT yang dihasilkan, dapat diketahui strategi pemasaran yang dapat dirumuskan adalah strategi pertumbuhan intensif yaitu melalui penetratsi pasar, pengembangan pasar serta produk. Hal tersebut didukung oleh fakta yang cukup, berdasarkan kedua skor yang dihasilkan dengan menggunakan matriks EFAS dan IFAS. Selain itu, dari hasil analisis CPM diperoleh keunggulan kompetitif yang terletak pada pangsa pasar dan kualitas produk. Melalui matriks IE, BCG dan Grand Strategy dapat diketahui posisi serta alternatif strategi yang cocok bagi perusahaan, selanjutnya untuk menentukan strategi yang paling tepat bagi perusahaan digunakan matriks QSPM. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa koperasi SAE Pujon mampu merespon peluang dan memaksimalkan kekuatan. Dari hal tersebut maka dapat dikembangkan suatu keunggulan kompetitif yang dapat digali dari sumber daya perusahaan yang merupakan kekuatan bagi perusahaan. Sehingga dapat merumuskan strategi yang tepat bagi perusahaan dalam rangka mencapai keunggulan kompetitif. Oleh karena itu, hendaknya koperasi SAE Pujon lebih memaksimalkan kekuatan dengan memanfaatkan peluang yang ada dengan meningkatkan kualitas dan kapasitas produksi untuk memperluas dan meningkatkan pangsa pasar serta melakukan pemgembangan produk yang sudah ada.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2008/369/050802888 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 26 Sep 2008 09:19 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 06:19 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113765 |
Preview |
Text
050802888.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |