Analisis Kebijakan Kesejahteraan, Keselamatan Dan Kesehatan Baik Fisik Maupun Mental : studi Tentang Penghapusan Pasal 35 ayat 3 dalam Rencana Revisi Undang-Undang Ketenagakerjaan No. 13 Th.2003 Terhadap Buruh di Kota Malang

LukmanMustafa, (2008) Analisis Kebijakan Kesejahteraan, Keselamatan Dan Kesehatan Baik Fisik Maupun Mental : studi Tentang Penghapusan Pasal 35 ayat 3 dalam Rencana Revisi Undang-Undang Ketenagakerjaan No. 13 Th.2003 Terhadap Buruh di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Karena dinilai UUK yang ada sekarang masih kurang fleksibel oleh sebagian investor asing. Padahal menurut perhitungan, ketika investor-investor asing bisa masuk ke Indonesia maka akan tercipta lapangan pekerjaan yang mampu menyerap tenaga kerja yang amat luas, sehingga diprediksi mampu mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia secara signifikan, karena ketika investor masuk maka investor tersebut akan sanggup membuka lapangan pekerjaan yang mampu menyerap tenga kerja yang cukup banyak. Wacana tentang rencana Pemerintah untuk merevisi Undang-undang Ketenagakerjaan telah berdampak luas berbagai kalangan di Indonesia, mulai dari kalangan akademisi, industri, LSM dan Buruh itu sendiri terutama Buruh yang tergabung dalam serikat Buruh. Dari wacana yang berkembang telah banyak menghasilkan beberapa ulasan baik di media cetak, media elektronik. Dari beberapa ulasan yang ada berujung pada dua pihak yaitu pihak pro dan kontra atas rencana yang digulirkan pemerintah. Khususnya di kalangan industri yang secara langsung akan terkena imbas dari draft revisi yang diajukan oleh pemerintah adalah kelompok yang paling keras menyikapai rencana pemerintah baik dikalangan pengusaha atau di kalangan buruh. Kalangan pengusaha menganggap Undang-undang Ketenagakerjaan No.13 Th.2003 masih terlalu memberatkan mereka dan akan sulit bagi mereka untuk mengembangkan usaha mereka secara luas. Tentu hal ini sangat berbeda dengan argumentasi para buruh, hampir seluruh serikat buruh yang ada di Indonesia menolak rencana pemerintah untuk merevisi Undang-undang Ketenagakerjaan No.13 Th.2003 yang draftnya sekarang masih meja DPR. Buruh menganggap bahwa dengan adanya rencana revisi UUK akan memperparah nasib mereka yang sampai sekarang tak kunjung membaik, dan akan semakin mempersulit mereka dalam memperolah hak-hak normative mereka, karena dalam draft revisi yang diajukan pemerintah ada beberapa pasal yang akan merugikan mereka. Yang salah satunya adalah penghapusan pasal 35 ayat 3 yang berisi tentang jaminan kesejahteraan, keselamatan dan kesehatan baik fisik dan mental yang diberikan oleh perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/363/050802751
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 22 Sep 2008 09:19
Last Modified: 23 Oct 2021 06:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113760
[thumbnail of 050802751.pdf]
Preview
Text
050802751.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item