Pengaruh Iklim Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja : studi pada Karyawan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Kota Branch Office

DeviPrasetyo, (2008) Pengaruh Iklim Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja : studi pada Karyawan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Kota Branch Office. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada kenyataan bahwa PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Kota Branch Office mempunyai komposisi karyawan yang beragam, maka nilai-nilai individu yang ada juga semakin kompleks. Hal ini dapat menimbulkan iklim kerja yang kurang menyenangkan apabila perusahaan tidak memahami nilai-nilai dari setiap individu yang terkait di dalam organisasi, sehingga menimbulkan ketidakpuasan kerja. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan : (1) untuk mengetahui pengaruh iklim organisasi yang terdiri dari variabel perilaku pemimpin, variabel motivasi, variabel komunikasi, variabel interaksi, variabel pengambilan keputusan, variabel penetapan tujuan dan variabel pengendalian secara simultan terhadap kepuasan kerja, (2) untuk mengetahui pengaruh iklim organisasi yang terdiri dari variabel perilaku pemimpin, variabel motivasi, variabel komunikasi, variabel interaksi, variabel pengambilan keputusan, variabel penetapan tujuan dan variabel pengendalian secara parsial terhadap kepuasan kerja. Teknik pengumpulan data yang pokok adalah penyebaran kuesioner untuk mengetahui persepsi karyawan dan didukung dokumentasi. Populasi dan sekaligus sebagai sampel dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Kota Branch Office yang berjumlah 31 orang. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dimaksudkan untuk menggambarkan keadaan iklim organisasi dan analisis statistik inferensial dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh variabel terikat terhadap variabel bebas dengan tingkat signifikan 0,05 yang diolah menggunakan bantuan program SPSS 10.0 for Windows . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) secara simultan semua variabel dalam iklim organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja, (2) secara parsial, hanya variabel motivasi, variabel komunikasi, variabel pengambilan keputusan dan variabel pengendalian yang berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja. Karena kepuasan kerja merupakan faktor yang sangat penting bagi suatu lembaga, maka diperlukan adanya motivasi yang tinggi, komunikasi yang baik dari semua unsur organisasi serta pengambilan keputusan dan pengendalian yang tepat dari atasan yang pada akhirnya dapat meningkatkan kepuasan kerja pada karyawan .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/344/050802685
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2008 08:26
Last Modified: 23 Oct 2021 05:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113740
[thumbnail of 050802685.pdf]
Preview
Text
050802685.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item