Intensifikasi Dan Ekstensifikasi Pemungutan Pajak Reklame Dalam Rangka Peningkatan Pendapatan Asli Daerah : Studi Pada Dinas Pendapatan Kabupaten Mojokerto.

DeviWahyuAkirtafanti (2008) Intensifikasi Dan Ekstensifikasi Pemungutan Pajak Reklame Dalam Rangka Peningkatan Pendapatan Asli Daerah : Studi Pada Dinas Pendapatan Kabupaten Mojokerto. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas kontribusi pajak reklame terhadap pendapatan asli daerah dan pembiayaan anggaran pemerintah daerah dalam beberapa tahun terakhir yang meningkat tajam. Kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak reklame mempunyai peranan yang strategis dalam meningkatkan penerimaan pajak daerah yang selanjutnya sangat berkontribusi besar terhadap penerimaan pendapatan asli daerah kabupaten Mojokerto. Dengan demikian pengkajian terhadap strategi pemungutan pajak reklame dalam rangka peningkatan pendapatan asli daerah sangat perlu diperhatikan yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan peneriman dari sektor pajak daerah. Sebagaimana dikemukakan di atas, di dalam strategi pemungutan yang dilakukan oleh Dinas Pendapatan Daerah terdapat dua alternatif yaitu intensifikasi pajak reklame dan ekstensifikasi pajak reklame. Tujuan penelitian ini adalah memfokuskan pada: (1) Realisasi penerimaan pajak reklame di kabupaten Mojokerto selama tiga tahun terakhir, (2) Strategi pemungutan pajak reklame oleh Dinas Pendapatan Kabupaten Mojokerto, (3) Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan strategi yang telah ditetapkan tersebut. Metode yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Proses pengumpulan data dengan tahap dokumentasi, wawancara dan observasi. Analisa data menggunakan teori dari Miles dan Huberman model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pemungutan pajak reklame selama ini kurang efektif dan kurang memanfaatkan potensi-potensi reklame yang ada yang sebenarnya dapat lebih digali lagi dan dapat meningkatkan pendapatan dari sektor pajak daerah. Saran yang diberikan adalah (1) Kerja sama dan koordinasi yang baik dengan para wajib pajak melalui sosialisasi pajak reklame, (2) Menggali lagi potensi-potensi yang selama ini cukup baik namun belum termanfaatkan. (3) Adanya penegakan hukum ( law enforcement ) yaitu dengan adanya sanksi kepada wajib pajak yang terlambat dalam melakukan pembayaran pajak dan (4) Adanya modernisasi atau pembaharuan dalam kinerja Dipenda yang diharapkan dapat mampu meningkatkan kepatuhan wajib pajak dalam melakukan pembayaran pajak reklame dan mematuhi peraturan yang ditetapkan dalam penyelenggaraan pajak reklame.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/343/050802684
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Sep 2008 09:12
Last Modified: 23 Oct 2021 05:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113739
[thumbnail of 050802684.pdf]
Preview
Text
050802684.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item