Optimalisasi Pelayanan Publik dalam Penerbitan Akta Kelahiran : Studi pada Badan Administrasi Kependudukan Catatan Sipil dan Keluarga Berencana, Kabupaten Malang.

FurryDiahIrwanti (2008) Optimalisasi Pelayanan Publik dalam Penerbitan Akta Kelahiran : Studi pada Badan Administrasi Kependudukan Catatan Sipil dan Keluarga Berencana, Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu aspek kegiatan administrasi publik, adalah proses kerjasama yang berlaku dalam organisasi publik untuk memberikan pelayanan kepada publik, dengan kata lain adalah fungsi pemerintahan (rutin) dan pembangunan, segala dana dan daya uang dimiliki administrasi publik sematamata ditujukan untuk melayani masyarakat dalam rangka meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. Perwujudan pelayanan yang didambakan adalah adanya kemudahan dalam pengurusan kepentingan dengan pelayanan yang cepat dalam arti tanpa hambatan yang kadang-kadang dibuat-buat, mendapatkan pelayanan yang wajar, mendapatkan perlakuan yang sama dan mendapatkan perlakuan yang jujur dan terus terang. Untuk menjawab tantangan yang semakin global, maka pengaturan pembinaan sumber daya manusia dan peningkatan pelayanan publik yang sederhana, cepat, murah dan mudah serta tercipta efektivitas dan efisiensi dalam pelaksanaan kebijakan dan pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelayanan penerbitan akta kelahiran serta untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor yang mendorong dan menghambat pelayanan penerbitan akta kelahiran. Untuk membahas permasalahan di atas, maka dilakukanlah penelitian guna pengumpulan data untuk dibahas, dikaji dan dianalisis. Dalam menganalisis data dan permasalahan dipergunakan analisis deskriftif kualitatif dengan menempuh cara reduksi data, display data, kesimpulan dan verifikasi data untuk melihat derajad atau kebenaran dari hasil penelitian guna menjawab permasalahan yang diajukan. Hasil Penelitian yang dilakukan melalui pengumpulan data yang diperoleh dari observasi, dokumenter dan wawancara, kemudian data diolah dan dianalisis dengan model interaktif, diperoleh hasil analisis data, bahwa pelayanan penerbitan akta kelahiran cukup memberikan kepuasan kepada pelanggan, walaupun masih belum mampu memberikan pelayanan secara optimal. Faktor pendorong pelayanan penerbitan akta kelahiran adalah adanya dukungan Bupati berupa kebijakan pemberian akta kelahiran gratis dan mendapat persetujuan DPRD Kabupaten Malang, sedangkan faktor penghambatnya adalah belum pahamnya masyarakat tentang arti pentingnya akta kelahiran, tempat pelayanannya masih berada disatu tempat. Untuk meningkatkan pelayanan penerbitan akta kelahiran, Badan Administrasi Kependudukan, Catatan Sipil dan Keluarga Berencana melakukan langkahlangkah pemberian akta kelahiran secara gratis, pemasalan akta kelahiran. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pelayanan penerbitan akta kelahiran oleh Administrasi Kependudukan, Catatan Sipil dan Keluarga Berencana Kabupaten Malang cukup memberikan kepuasan bagi pelanggan walaupun masih ada hambatan yang cukup besar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/342/050802683
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Sep 2008 09:22
Last Modified: 23 Oct 2021 05:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113738
[thumbnail of 050802683.pdf]
Preview
Text
050802683.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item