Sinergi Pengembangan Electronic Government Dan Pengembangan Pegawai Dalam Mewujudkan Good Governance : Studi Pada Bagian Litbang Dan Data Elektronik Pemerintah Kabupaten Sragen.

RendraEkoWismanu (2008) Sinergi Pengembangan Electronic Government Dan Pengembangan Pegawai Dalam Mewujudkan Good Governance : Studi Pada Bagian Litbang Dan Data Elektronik Pemerintah Kabupaten Sragen. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini merupakan suatu kontribusi khusus terhadap kemajuan pengembangan teknologi yang ada saat ini. Dimana dalam era globalisasi saat ini, suatu negara selalu dituntut untuk mampu membangun dan mengembangkan teknologi yang ada guna memenuhi tuntutan masyarakat yang semakin kompleks. Bentuk teknologi yang cocok diterapkan disektor negara atau pemerintahan adalah Electronic Government ( e-Government ). Electronic Government merupakan bentuk teknologi komunikasi dan informasi yang bertujuan untuk menciptakan suatu hubungan yang efisien, efektif, transparan, dan akuntabel antara pemerintah, masyarakat, juga pelaku bisnis. Tujuan dari penerapan e-Government pada sebuah negara adalah guna menciptakan suatu birokrasi pemerintahan yang Good Governance dan juga peningkatan Good Public Service . Pengembangan e-Government yang optimal mampu diwujudkan bila pengembangan kapasitas pegawai pemerintahan yang sejajar/sinergi dengan kemajuan teknologi yang ada. Inisiatif pengembangan e-Government di Indonesia telah dimulai pada tahun 2001 lalu, dan hingga saat ini perkembangannya diberbagai daerah dirasa sangat signifikan dan mampu memberi dampak positif. Sebagai contoh pengembangan e-Government di Pemerintah Kabupaten Sragen yang mampu membawa kemajuan pada masyarakat sekitar dan juga bagi pemerintah yang memperoleh kenaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang sangat signifikan. Peneliti merasa perlu mengkaji bagaimana pengembangan e-Government yang ada, pengembangan pegawai yang dilakukan, sinergi antara pegawai dan aplikasi e-Government dalam mewujudkan Good Governance , faktor-faktor yang mempengaruhi, wujud keberhasilan dan arah kedepan terkait pengembangan e- Government dan pengembangan pegawai oleh Bagian Litbang dan DE Pemerintah kabupaten Sragen. Hasil penelitian yang ada menunjukkan bahwa wujud keberhasilan yang dicapai Pemerintah kabupaten Sragen adalah atas komitmen yang kuat para aparatur pemerintahan, khususnya Kepala Daerah Pemerintah Kabupaten Sragen dalam memberikan contoh positif pada bawahannya. Dan bagian Litbang dan DE Pemerintah Kabupaten Sragen merupakan Satker yang paling bertanggung jawab dalam pengembangan pegawai dan pengembangan aplikasi e-Government yang ada di seluruh Kabupaten Sragen agar berjalan sinergi. Pengembangan aplikasi e-Government yang sinergi dengan pengembangan pegawai telah mampu mewujudkan sebuah integrasi birokrasi yang online , efisien, efektif, transparan, dan akuntabel mulai dari Kantor Bupati, Kecamatan, hingga Desa diseluruh Kabupaten Sragen. Kemajuan yang ditunjukkan oleh Pemerintah Kabupaten Sragen juga membawa dampak yang positif bagi pemerintah dan perekonomian masyarakat lokal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/336/050802677
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Sep 2008 09:02
Last Modified: 23 Oct 2021 05:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113731
[thumbnail of Microsoft_Word_-_BAB_I,II,III,IV,V,dapus,lampiran,CV.pdf]
Preview
Text
Microsoft_Word_-_BAB_I,II,III,IV,V,dapus,lampiran,CV.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Microsoft_Word_-_Cover_judul,motto,pernyataan_orisinalitas.pdf]
Preview
Text
Microsoft_Word_-_Cover_judul,motto,pernyataan_orisinalitas.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Microsoft_Word_-_Ringkasan,summary,daftar_isi,tabel,gambar,dan_lampiran.pdf]
Preview
Text
Microsoft_Word_-_Ringkasan,summary,daftar_isi,tabel,gambar,dan_lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item