Upaya Pemerintahan Daerah Dalam Pemberdayaan UKM (Usaha Kecil Menengah) Guna Mengurangi Pengangguran : Studi Pada Industri Kerajinan Tikar Lipat di Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan.

RakhmadHidayat (2008) Upaya Pemerintahan Daerah Dalam Pemberdayaan UKM (Usaha Kecil Menengah) Guna Mengurangi Pengangguran : Studi Pada Industri Kerajinan Tikar Lipat di Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peran dari pemerintah daerah sangat besar dalam mengembangkan semua potensi daerah termasuk komponen-komponen pendukung dari pembangunan, karena pemerintah daerah dianggap paling memahami potensi yang berada di daerahnya. Sehingga potensi tersebut dapat dijadikan aset atau modal dalam menjalankan program pembangunan daerah serta dapat tercapai tujuan dari pembangunan nasional. Kerajinan tikar lipat merupakan salah satu industri kecil di Kabupaten Lamongan yang sedang tumbuh dan berkembang, serta termasuk potensi unggulan dari Pemerintah Kabupaten Lamongan. Kerajinan ini menyerap banyak pekerja sehingga dapat membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran yang selalu menjadi permasalahan selama ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan dari UKM di Kabupaten Lamongan, dan upaya pemerintah daerah dalam memberdayakan industri kerajinan tikar lipat serta konstribusi yang diberikan dari hasil pemberdayaan tersebut dalam mengurangi masalah pengangguran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan fokus penelitian yaitu perkembangan dari UKM (Usaha Kecil Menengah) di Kabupaten Lamongan, apa saja upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Lamongan untuk memberdayakan industri kerajinan tikar lipat yang ada di Kecamatan Lamongan, apa saja kontribusi dari pemberdayaan industri kerajinan tikar lipat terhadap masalah pengangguran di Kabupaten Lamongan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa perkembangan dari kerajinan tikar lipat di Kecamatan Lamongan telah mengalami perkembangan yang pesat sehingga banyak bermunculan di wilayah Kabupaten Lamongan. Sedangkan dalam upaya memberdayakan industri kerajinan tikar lipat di Kecamatan Lamongan, Pemerintah Kabupaten Lamongan mengeluarkan beberapa kebijakan yang menyangkut urusan penanaman modal, urusan perindustrian, urusan perdagangan. Selain itu, beberapa konstribusi dari pemberdayaan industri kerajinan tikar lipat sangat membantu baik pihak pemerintah daerah maupun masyarakat sekitar yaitu penyerapan tenaga kerja yang berdampak pada pengurangan pengangguran serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Di sisi lain, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Lamongan belum dapat mengimplementasikan kebijakan yang ada secara tepat. Kurangnya personil teknis yang tersedia, dan juga minimnya sarana dan prasarana dalam upaya pemberdayaan merupakan alasan utama kurang maksimalnya kinerja Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Lamongan tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/319/050802521
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Sep 2008 09:51
Last Modified: 23 Oct 2021 05:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113715
[thumbnail of 050802521.pdf]
Preview
Text
050802521.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item