MamaGayatriKresnoPutri (2008) Analisis Pelaksanaan Pemberian Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Dalam Usaha Mengantisipasi Terjadinya Tunggakan Kredit : Studi Kasus Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sebagai lembaga perantara keuangan, bank memegang peranan yang sangat penting dalam hal pengolahan dan atau pengalokasian dana masyarakat untuk disalurkan dalam bentuk kredit baik kredit yang bersifat jangka pendek, menengah, maupun kredit jangka panjang. Untuk memenuhi kebutuhan debitur yang semakin beraneka ragam, produk kredit dianggap jasa bank yang paling banyak diminati. Ada beberapa macam kredit yang diberikan oleh bank, baik bank umum maupun bank perkreditan rakyat didalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Salah satunya adalah Kredit Pemilikan Rumah (KPR), yang merupakan salah satu jenis produk kredit konsumtif. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan yaitu mengetahui pelaksanaan pemberian Kredit yang dilakukan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Malang terhadap tunggakan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang disalurkan, serta mengetahui cara mengantisipasi tunggakan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang terjadi pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Malang. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus, yaitu dengan menggambarkan pelaksanaan pemberian Kredit Pemilikan Rumah (KPR) PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Malang dan tunggakan kreditnya, sehingga untuk tahun-tahun berikutnya jumlah tunggakan kredit dapat diminimalisir sebaik mungkin. Adapun obyek penelitian ini adalah prinsip penilaian suatu permohonan kredit dalam mengantisipasi terjadinya tunggakan kredit khususnya PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Malang, sedangkan subyek dari penelitian ini adalah pejabat dan pegawai bank yang berhubungan langsung dengan pelaksanaan pemberian kredit. Dari hasil penelitian, peneliti mengetahui beberapa kelemahankelemahan pada saat analisis kredit sehingga tunggakan kredit atau kredit bermasalah ( NPL ) yang terjadi pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Malang berada diatas standar Bank Indonesia yaitu pada tahun 2005 diketahui tunggakan kredit sebesar 0,87 % dan pada tahun 2006 sebesar 14,05 %. Yang mana standar NPL Bank Indonesia adalah 5 %, dengan demikian tunggakan kredit tersebut belum dapat dikatakan baik dan dapat mempengaruhi tingkat kesehatan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Malang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2008/316/050802518 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 09 Sep 2008 07:46 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 04:58 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113712 |
Preview |
Text
050802518.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |