Analisis Pengendalaian Intern Atas Sistem Dan Prosedur Pembayaran Klaim Meninggal : Studi Kasus Pada AJB BUMIPUTERA 1912 Cabang Celaket Malang.

FajarViergiawanSoekarno (2008) Analisis Pengendalaian Intern Atas Sistem Dan Prosedur Pembayaran Klaim Meninggal : Studi Kasus Pada AJB BUMIPUTERA 1912 Cabang Celaket Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Undang-undang No. 2 Tahun 1992 tentang usaha Peransurasian menyebutkan bahwa perusahaan asuransi jiwa adalah perusahaan yang memberikan jasa dalam penanggulangan resiko yang dikaitkan dengan hidup atau matinya seseorang yang dipertanggungkan. Beberapa tipe resiko yang dipertanggungkan dalam asuransi jiwa meliputi kematian, kecelakaan, cacat, dan kehilangan kemampuan untuk memperoleh penghasilan. Perusahaan asuransi akan menanggung seluruh atau sebagian dari resiko keuangan yang diderita Tertanggung karena kejadian atau situasi yang diasuransikan selama masa kontrak asuransi. Diantara sekian banyak resiko, yang paling rawan untuk terjadinya fraud (kecurangan) adalah resiko yang berkaitan dengan kematian. Kecurangan ini dapat terjadi baik oleh pihak ekstern maupun pihak intern perusahaan. Penerapan sistem pengendalian intern yang baik dapat berguna bagi perusahaan untuk mengontrol efektifitas dan efisiensi prosedur pembayaran klaim, dan dapat menekan atau mengurangi terjadinya kesalahan pada prosedur pembayaran klaim. Masalah utama yang penulis bahas adalah mengetahui apakah Perusahaan Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 Kantor Cabang Malang Celaket telah menerapkan sistem pengendalian intern dalam pembayaran klaim asuransi jiwa meninggal dunia, dan apakah sistem pengendalian intern tersebut telah dilaksanakan dengan baik, sesuai dengan sistem pengendalian intern secara teoritis. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian studi kasus dengan fokus penelitian pada 3 (tiga) unsur sistem pengendalian intern yaitu struktur organisasi yang memisahkan tanggung jawab fungsional secara tegas. Sistem otorisasi dan praktik kerja yang sehat dalam melaksanakan tugas dan fungsi setiap unit. Sumber data yang digunakan berasal dari pihak intern perusahaan, khususnya bagian klaim. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa kekurangan pada sistem pengendalian intern pada Perusahaan Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 Kantor Cabang Malang Celaket yaitu terdapat perangkapan tugas pula pada bagian kasir. Pada Perusahaan Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 Kantor Cabang Celaket Malang, Pemisahan fungsi pengeluaran kas dengan fungsi akuntansi belum terlihat dalam pembayaran klaim. Sehingga tugas dan tanggung jawab untuk memasukkan data ke dalam RMLBK dan LBK seharusnya dibebankan pada bagian akuntansi. Dari unsur dokumen, diketahui bahwa banyak dari formulir atau dokumen yang digunakan tanpa menggunakan pre-numbered kecuali kuitansi. Ketiadaan formulir atau dokumen yang tidak ber pre-numbered menyebabkan adanya kemungkinan suatu transaksi tidak tercatat atau dicatat lebih dari 1 (satu) kali. Dari unsur praktik kerja yang sehat, ada hal yang tidak terpenuhi yaitu tidak terdapat cap lunas pada voucher pengeluaran kas. Oleh karena tiu dapat diberikan saran untuk memperbaiki beberapa kelemahan yang ada untuk meningkatkan pengendalian intern yang ada dalam Perusahaan Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 Kantor Cabang Malang Celaket.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/315/050802517
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Sep 2008 08:05
Last Modified: 23 Oct 2021 04:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113711
[thumbnail of 050802517.pdf]
Preview
Text
050802517.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item