Implementasi Sistem Akuntansi Premi dan Klaim Kendaraan Bermotor Guna Meningkatkan Pengendalian Intern : Studi Kasus Pada PT. Asuransi Takaful Umum Malang.

RobySupriyoWibowo (2008) Implementasi Sistem Akuntansi Premi dan Klaim Kendaraan Bermotor Guna Meningkatkan Pengendalian Intern : Studi Kasus Pada PT. Asuransi Takaful Umum Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan sistem akuntansi terhadap pengelolaan premi dan klaim agar mampu meningkatkan pengendalian intern perusahaan, dimana terdapat 4 (empat) unsur pokok dalam pengendalian intern agar dapat berjalan dengan baik, diantaranya yaitu organisasi, sistem otorisasi dan prosedur pencatatan, praktik yang sehat serta pegawai yang cakap. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Asuransi Takaful Umum Malang dimana kantor ini merupakan salah satu kantor perwakilan di Indonesia. Adapun analisis data yang digunakan adalah mendeskripsikan tentang fungsi organisasi terutama pemisahan wewenang, mendeskripsikan tentang sistem otorisasi dan prosedur pencatatan, mendeskripsikan tentang pelaksanaan praktik yang sehat, dan mendeskripsikan tentang kecakapan pegawai. Hasil analisis menunjukkan bahwa implementasi sistem akuntansi premi dan klaim Takaful Kendaraan Bermotor Malang telah dilaksanakan dengan cukup memadai, karena telah menerapkan unsur-unsur pengendalian intern dengan efisien walaupun cenderung masih memiliki beberapa kekurangan serta membutuhkan pembenahan agar kinerja perusahaan dapat lebih baik. Hasil dan saran yang dikemukakan dalam penelitian ini diharapkan dapat dipertimbangkan dan digunakan sebagai masukan dalam pelaksanaan sistem akuntansi premi dan klaim Takaful Kendaraan Bermotor pada PT. Asuransi Takaful Umum Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2008/314/050802516
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Sep 2008 08:15
Last Modified: 23 Oct 2021 04:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113710
[thumbnail of 050802516.pdf]
Preview
Text
050802516.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item