RevitaIsmaraKirana (2008) Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Peningkatan Kepuasan Nasabah Bank Syariah : Studi pada Nasabah PT. Bank Muamalat Indonesia (BMI) Cabang Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Semakin banyak perusahaan dalam Industri perbankan akan menjadikan masyarakat semakin leluasa di dalam memilih bank yang terbaik untuk memenuhi kepuasannya, di sini dibutuhkan strategi atau kiat yang tepat yang dipilih oleh bank. Betapa tidak, berbagai konsep yang selama ini ada dan nyatanya kurang tepat menghadapi situasi persaingan bisnis yang semakin ketat. Dalam situasi demikian, kemunculan konsep Relationship Marketing (RM) bisa merupakan salah solusi yang dapat di gunakan. Konsep RM menekankan pada proses transaksi yang sedang berlangsung dan emanfaatkannya sebagai dasar untuk hubungan pemasaran yang berkelanjutan di masa depan. Bank Muamalat Indonesia (BMI) sebagai lembaga perbankan syariah yang pertama, terus-menerus mengembangkan infrastrukturnya, terutama untuk perkembangan teknologi informasi, jaringan, sumber daya manusia dan selalu berupaya meningkatkan kepuasan nasabahnya dengan membina hubungan jangka panjang ( Relationship Marketing) yang meliputi bonding (pertalian), empathy (empati), reciprocity (timbal balik) dan trust (kepercayaan). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara simultan antara variabel relationship marketing terhadap kepuasan nasabah. Kedua untuk melihat pengaruh secara parsial antara vairabel relationship marketing terhadap kepuasan nasabah. Jenis penelitian ini adalah explanatory dan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan cara simple random sampling, dengan jumlah sampel 98 orang dari populasi 5000 nasabah. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Sumber data dari data primer adalah diperoleh melelui hasil kuesioner sedangkan sumber data dari data sekunder berupa buku, laporan penelitian, maupun literatur-literatur lain yang sesuai dengan penelitian ini. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, regresi linier berganda dan analisis regresi parsial. Dari proses analisis yang dilakukan, diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 5,696 + 0,024 X1 + 0,109 X2 + 0,273 X3 + 0,825 X4. Berdasarkan persamaan ini dapat diketahui bahwa variabel yang paling dominan dalam memberikan kontribusi terhadap kepuasan pelanggan adalah variabel trus (kepercayaan) (X4). Uji t yang dilakukan pada variabel bonding (pertalian) (X1) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji t variabel empathy ( empati) (X2) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji t variabel reciprocity (timbal balik) (X3) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji t variabel trust (kepercayaan) (X4) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji F yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai Fhitung (21,362) > dari Ftabel (2,30), berarti terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama (simultan) antara Relationship Marketing (Pertalian, Empati, Timbal Balik, Kepercayaan) terhadap kepuasan pelanggan PT.Bank Muamalat Indonesia (BMI) cabang Malang. Sedangkan koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa besarnya sumbangan atau pengaruh yang diberikan variabel bebas adalah 47,9% (R2 = 0,479), terhadap Kepuasan PT.Bank Muamalat Indonesia (BMI) cabang Malang. Relationship Marketing yang dilakukan oleh pihak manajemen PT. Bank Muamalat Indonesia (BMI) cabang Malang lebih menekankan pada aspek pemeliharaan (mempertahankan) pelanggan melalui peningkatan hubungan dengan pelanggan untuk menjalin hubungan yang saling menguntungkan atas dasar kesepakatan yang memuaskan kedua belah pihak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2008/309/050802511 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 08 Sep 2008 09:13 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 04:51 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/113704 |
Preview |
Text
050802511.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |